Paris (ANTARA News/AFP) - Moody`s Investors Service, Senin mengatakan, pihaknya telah menurunkan peringkat pada lima bank Irlandia setelah menurunkan peringkat utang negara Irlandia pekan lalu.

Lembaga itu mengatakan bahwa penurunan peringkat utang negara dapat mempengaruhi kapasitas pemerintah Irlandia untuk mendukung sektor perbankan, yang telah berjuang dengan runtuhnya pasar properti dan dampak dari krisis keuangan global.

Para kreditur yang ditargetkan oleh Moody`s pada Senin adalah Allied Irish Banks, Bank of Ireland, EBS Building Society, Irish Life and Permanent dan Irish Nationwide Building Society.

Badan itu pekan lalu menghantam pemerintah Irlandia dengan penurunan peringkat utang lima tingkat menjadi Baa1 dengan prospek negatif, mengutip meningkatnya ketidakpastian ekonomi dan keuangan publik negara itu.

"Moody menyimpulkan bahwa peringkat utang bank dipengaruhi olehpenurunan peringkat pemerintah Irlandia," kata lembaga itu dalam pernyataannya Senin.

"Penurunan peringkat pemerintah Irlandia menjadi Baa1 mencerminkan pandangan Moody`s dari revisi kapasitas pemerintah untuk memperluas dukungan bagi sektor perbankan di atas dana kontingensi yang ditetapkan sebagai bagian dari paket Uni Eropa-IMF."

Paket terdiri 67,50 miliar euro (89 miliar dolar) di luarpinjaman dan jaminan dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional,dengan yang lain 17,50 miliar euro dari pemerintah Irlandia.

Bailout, yang didukung oleh parlemen Irlandia pekan lalu, bertujuan menopang keuangan publik Irlandia dan sektor perbankan.

Moody`s mengatakan terus "untuk mengasumsikan sebuah kemauan yang sangat tinggi pemerintah untuk memberikan ... dukungan untuk pemegang obligasi senior." (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010