Cilegon (ANTARA News) - Sebanyak dua regu atau 16 personel tim Gegana dari Brimobda Polda Banten akan melakukan penyisiran dan sterilisasi tempat dari ancaman bom di sepanjang jalur Wisata Anyer serta hotel.

"Dua regu tim Gegana itu akan mulai berkeliling di tempat keramaian dan hotel nanti besok," kata Kapolres Cilegon, AKBP Umar Surya Fana, Kamis.

Dia menjelaskan, puluhan tim yang ditugaskan untuk melakukan sterilisasi terhadap tempat keramaian seperti lapangan Anyer dan hotel-hotel yang menyelenggarakan kegiatan pergantian malam tahun baru.

"Tim Gegana ini sifatnya hanya mengawali saja, sementara pengamananya masih tetap dilakukan oleh petugas kepolisian yang diluar dari Tim Gegana," katanya menambahkan.

Setelah selesai melakukan penyisiran disejumlah tempat keramaian, tim Gegana kemudian kembali ke Mapolres Cilegon. "Tim Gegana akan stand by, dan akan bergerak lagi jika diperlukan dan dibutuhkan," katanya.

Selain akan melakukan penyisiran didaerah kawasan wisata Pantai Anyer, Tim Gegana juga akan melakukan penyisiran di obyek vital lainnya seperti Pelabuhan Merak.

"Pelabuhan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Sumatera juga kami lakukan penyisiran," katanya menambahkan.

Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Cilegon mengerahkan personel sebanyak 617, jumlah tersebut merupakan gabungan dari Lanal Banten, Damkar, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Kota Cilegon.

"Kalau dari Personel Polres Cilegon ditambah dengan dari Brimobda Banten sebanyak 497 personel, sedangkan dari Damkar, Lanal Banten, Dishub dan Satpol PP masing-masing 30 personel," katanya menambahkan.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010