Gresik, Jatim (ANTARA) - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melepas sebanyak 44 peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dari daerah setempat, yang terdiri dari 13 ofisial dan 31 atlet untuk memperkuat kontingen Provinsi Jawa Timur.

Gus Yani, sapaan akrab Fandi Akhmad Yani, saat melepas peserta di Ruang Mandala Bhakti Praja, Kantor Pemkab Gresik, meminta agar para atlet dari wilayah tersebut selalu menjaga nama baik daerah.

Ia menekankan semangat juang pantang menyerah harus dimiliki patriot dari Gresik, dan harus digelorakan dalam jiwa atlet selama mengikuti PON XX di Papua.

"Patriot menunjukkan semangat luar biasa, dalam hal ini di kancah olahraga. Kedisiplinan dan juga kerja keras pasti akan membuahkan hasil yang baik," kata Gus Yani di Gresik, Senin.

Baca juga: Jawa Timur targetkan juara umum 
Baca juga: KONI Jatim siapkan empat rumah isoman untuk perawatan COVID-19 


Ia juga menegaskan Pemkab Gresik akan terus memberikan dukungan penuh untuk kegiatan olahraga, terutama untuk atlet-atlet yang akan berjuang di PON XX Papua.

"Kami pastinya sudah menyiapkan penghargaan untuk atlet yang berprestasi di kancah PON XX Papua. Mudah-mudahan ini menjadi tambahan semangat untuk meraih prestasi yang terbaik," ujar Gus Yani.

Sementara itu, secara umum, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menyiapkan lebih dari 500 atlet yang akan bertanding di PON XX Papua yang digelar pada 2-15 Oktober 2021.

PON XX Papua diselenggarakan di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika.

Secara total, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi hanya berjumlah 6.144 orang, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet.

Mereka akan bertanding di 37 cabang olahraga, 56 disiplin dan 679 nomor pertandingan. 

Baca juga: KONI minta restu warga Jawa Timur 
Baca juga: Kontingen Jatim untuk PON Papua diperkuat 543 atlet 


Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021