Jakarta (ANTARA News) -  Maraknya penggunaan Narkoba di kalangan artis membuat penulis  buku Damien Dematra mencetuskan ide kampanye "Film Indonesia Bebas Narkoba" .  

Damien mengaku langkahnya itu dipicu oleh keprihatinan atas dugaan penyalahgunaan obat terlarang oleh Cara Lachelle, pemeran ibu Obama dalam film   "Obama Anak Menteng".   Film tersebut dibuat berdasarkan novel karya Damien dengan judul yang sama.

"Kampanye film Indonesia Bebas Narkoba adalah upaya agar perfilman Indonesia bebas Narkoba," kata Damien Dematra dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Demian mengatakan bahwa sambil menunggu regulasi clearence bebas narkoba, rumah-rumah produksi seharusnya  melakukan tes urine acak, seperti yang dilakukan dunia perfilman di Hollywood.

Sementara itu wakil ketua umum PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia)  Pong Hardjatmo mengungkapkan bahwa di kongres PARFI mendatang clearence bebas narkoba akan menjadi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta menjadi kebijakan resmi PARFI.

"Setelah ini harus ada realisasinya. Yang disorot artis maka awal tahun ini kami harus bersih dari Narkoba dan korupsi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Irjen  Pol. Anang Iskandar, Direktur Advokasi Badan Narkotika Nasional  mengungkapkan bahwa pengguna Narkoba  tidak akan dihukum jika melapor ke pihak berwajib.

"Mereka  akan mendapat kekebalan dan perlindungan dari polisi. Aparat i bisa mengarahkan yang bersangkutan  ke rehabilitasi berdasarkan acuan undang undang no 35 tahun 2009, " kata Anang.

"Melapor itu justifikasi untuk terapi rehabilitasi bagi pengguna," lanjut dia.
(yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011