Jokowi bagikan video kisah mantan sopir melalui media sosial

Jokowi bagikan video kisah mantan sopir melalui media sosial

Tangkapan layar, video mantan sopir Presiden Joko Widodo di Solo, yang bernama Suliadi, yang diunggah dalam kanal YouTube Presiden Joko Widodo, Sabtu (25/9/2021). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga.

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo membagikan video mengenai kisah mantan sopirnya di Solo, Jawa Tengah, Suliadi, melalui media sosial YouTube Presiden Joko Widodo, Sabtu.

Dalam video tersebut tampak mantan supir Jokowi, Suliadi bercerita tentang kenangannya semasa masih menyopiri Jokowi di Solo.

"Nama saya Suliadi. Asli Malang, Jawa Timur," ujar Suliadi dalam video tersebut. Suliadi kemudian ditanya tentang apa saja kebiasaan Jokowi saat di dalam mobil.

"Bapak Jokowi ini nggak pernah macam-macam, di dalam mobil santai," ujar Suliadi dengan bahasa dan logat Jawa kental.

Menurut Suliadi, Jokowi biasanya membawa kaset lagu-lagu seperti band Metallica, hingga musik tradisional seperti gamelan Jawa atau klenengan.

Setiap mengantar Jokowi bepergian, Suliadi mengaku selalu menyiapkan roti, pisang rebus dan kacang rebus untuk Jokowi.

Banyak kenangan yang diperoleh Suliadi selama menjadi supir Jokowi. Salah satu kenangan yang unik menurutnya adalah saat Jokowi tertidur di dalam mobil.

"Pulang dari Semarang kan Bapak tidur. Sudah sampai rumah, kok nggak bangun-bangun," ungkap Suliadi.

Baca juga: Warga Bengkulu tulis surat ke Presiden Jokowi harap KPK diperkuat

Baca juga: Presiden Jokowi tanam mangrove di Cilacap antisipasi perubahan iklim


Suliadi kala itu tidak berani mengganggu waktu tidur Jokowi, sehingga dirinya bersama ajudan menanti hingga Jokowi bangun.

"Sama Pak Jokowi ditanya, 'Memang sudah lama ya, Pak, sampai rumah?'. Saya bilang, 'iya, segitulah, Pak, kira-kira satu jam. Pak Jokowi bertanya, 'kok tidak dibangunkan?'. Saya jawab, 'kayaknya Bapak kelihatan capek sekali'," ujar Suliadi.

Kisah unik lainnya waktu Suliadi menyopiri Jokowi beserta istri Iriana Widodo saat peristiwa banjir di Solo. Dirinya bersama Jokowi dan Iriana berkeliling di Joyotakan, Jawa Tengah. Setelah berkeliling lama, mobil mendadak mogok saat naik tanggul.

Saat itu Suliadi meminta izin kepada Jokowi untuk menggantikannya duduk di kursi kemudi, agar Suliadi bisa mendorong mobil yang mogok. Namun Jokowi kala itu meminta Suliadi tetap di kursi kemudi, dan dirinya sendiri yang mendorong mobil.

"Bapak jawab, 'enggak, Pak, Pak Suli yang di dalam sama Ibu, saya yang mendorong'," ujar Suliadi.

Selama menjadi sopir, Suliadi mengaku tidak pernah dimarahi Jokowi. Suliadi mengatakan sangat senang ketika Jokowi menjadi Presiden.

Menurutnya sikap Jokowi tidak pernah berubah kepada dirinya meskipun telah menjabat Presiden.

Baca juga: Presiden menyeru masyarakat untuk ikut melestarikan penyu

Suliadi menyebut sosok Jokowi sangat penting dalam kehidupannya. Suliadi merasa, tanpa Jokowi dirinya tidak akan menjadi seperti sekarang ini.

Dalam video tersebut, Suliadi berpesan kepada Presiden Jokowi agar selalu menjaga kesehatan, dan tidak lupa makan. Dia juga mendoakan Presiden selalu panjang umur.

Adapun dalam video tersebut, Paman Jokowi, Widodo Prasetyo, ikut bercerita mengenai keberadaan rumah Jokowi di Tirtoyoso, Solo.

Rumah tersebut dibeli karena rumah Jokowi sebelumnya yang terletak di pinggir kali, di wilayah di Gilingan, digusur. Saat Jokowi awal tinggal di Tirtoyoso, sang paman mengatakan di dalam rumah hanya ada kulkas dan meja makan serta sebuah televisi kecil hitam putih berukuran 24 inci.

Menurut sang paman, rumah tersebut akhirnya diberikan Jokowi kepada mantan sopirnya Suliadi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden Jokowi dorong Asean Australia jaga perdamaian kawasan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar