Sekjen Kemenkeu paparkan Inovasi Kemenkeu yang raih penghargaan KIPP

Sekjen Kemenkeu paparkan Inovasi Kemenkeu yang raih penghargaan KIPP

Tangkapan layar Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi dalam Peluncuran Kompetisi Inovasi Kemenkeu 2021 di Jakarta, Selasa (28/9/2021). (ANTARA/Sanya Dinda)

Kami bisa sampaikan dengan rasa bangga bahwa kami telah mencapai beberapa hasil. Untuk 2014, kami masuk sebagai Top 99 Inovasi, yaitu Whistleblowing System yang dikembangkan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Heru Pambudi memaparkan inovasi yang diciptakan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenkeu mendapatkan penghargaan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).

“Kami bisa sampaikan dengan rasa bangga bahwa kami telah mencapai beberapa hasil. Untuk 2014, kami masuk sebagai Top 99 Inovasi, yaitu Whistleblowing System yang dikembangkan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu,” kata Heru dalam Peluncuran Kompetisi Inovasi Kemenkeu 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Selanjutnya, pada 2015, inovasi berupa Rumah Pajak untuk Anak yang dikembangkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan e-Auction yang dikembangkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) juga menjadi Top 99 Inovasi.

Baca juga: Kemenkeu luncurkan Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan 2021

Pada 2016, dengan Dashboard MPN G-2 yang dikembangkan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb),inovasi Kemenkeu tersebut menjadi Top 35 dalam KIPP.

Sementara itu Internship dan Secondment Pemda yang dikembangkan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), Simserba yang dikembangkan DJPb, dan Mobile Tax Unit dan e-Filing yang dikembangkan DJP menjadi Top 45 dan Top 99 pada KIPP 2019.

“Kemudian, SiPakDE-ATIGA yang dikembangkan Lembaga National Single Window (LNSW) dan Artificial Intelligence sebagai Financial Advisor yang dikembangkan DJPK menjadi Top 45 pada KIPP 2020 dan 2021,” kata Heru.

Baca juga: DPR setujui penyesuaian anggaran Kementerian Keuangan tahun 2022

Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan, menurut Heru, dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 209 tentang Pelayanan Publik. Peluncuran Kompetisi Inovasi di lingkungan Kementerian Keuangan pada 2021 ini pun akan disusul oleh workshop teknis dan sharing session faktor kunci kesuksesan inovasi.

“Kemudian dilanjutkan bulan depan berkaitan dengan penilaian Kompetisi Inovasi Kemenkeu, di situ ada penyusunan proposal inovasi, seleksi administrasi, evaluasi proposal, dan presentasi serta wawancara yang membutuhkan waktu dua bulan, selanjutnya ditetapkan pemenang,” tutupnya.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar