Beverly Hills, California (ANTARA News) - Christian Bale, yang memerankan seorang petinju yang berjuang melawan kecanduan narkotika di film drama "The Fighter", meraih hadiah Golden Globe pada Ahad (16/1) untuk aktor pendukung terbaik ddalam tayangan pertama hadiah utama tahun ini.

Yang bergabung dengan di kalangan peraih awal adalah Katey Sagal, yang dinobatkan sebagai aktris terbaik untuk kategori drama TV dalam "Sons of Anarchy", sebagaimana dikutip dari Reuters.

Tapi karena Golden Globe Awards diserahkan pada pertengahan musim penghargaan film, penerima penghargaan film tampil sementara penggemar mereka memusatkan perhatian pada persaingan tahun ini buat penghargaan film tertinggi, Oscar.

Christian Bale berkelakar di panggung bahwa sebelumnya ia tak tahu banyak mengenai penyelenggara Golden Globe Awards, tapi "sekarang aku tahu kalian semua dan tiba-tiba aku sadar betapa bijaksana dan perspektif serta spektakuler kalian semua".

Semakin malam, "The King`s Speech" dan "The Social Network" bersaing untuk meraih hadiah tertinggi, film drama terbaik, di depan bintang kelas-A yang meliputi Angelina Jolie, Michael Douglas dan istrinya Catherine Zeta-Jones, Natalie Portman, Colin Firth dan sensasi penyanyi Justin Bieber.

"King`s Speech", yang bercerita tentang masalah yang dihadapi Raja Inggris George VI, hadir dalam upacara penyerahan penghargaan sebagai film yang paling dinominasikan dengan tujuh kategori secara keseluruhan, termasuk drama terbaik.

Tapi film itu menghadapi perlawanan sengit dari "The Social Network", film tentang Facebook yang telah menyapu banyak penghargaan awal pada musim penyerahan hadiah di Hollywood dan hadir di Golden Globes dengan enam nominasi.

Tiga calon lain yang berharap bisa melancarkan pukulan "knockout" dan meraih drama terbaik meliputi film tinju "The Fighter" --yang meraih enam nominasi, film balet "Black Swan" dan thriler "Inception".

Golden Globe Awards, yang diberikan oleh hampir 90 anggota Hollywood Foreigh Press Association, adalah salah satu tayangan penghargaan utama di Hollywood yang mengarah kepada pemberian penghargaan paling bergengsi di industri tersebut, Oscar, yang diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011