Apabila kita dapat menciptakan setidaknya 2 persen wirausaha dari total penduduk Indonesia, maka negara yang makmur akan terwujud
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan pemerintah sangat menghargai apresiasi program Wirausaha Mandiri mengingat Indonesia membutuhan banyak wirausaha yang memiliki semangat, manajemen dan keahlian.

"Pemerintah telah membangun iklim usaha yang kondusif. Yang dibutuhkan adalah wirausahawan yang dibentuk manajemen dan keahlian melalui inkubator,"kata Hatta Rajasa saat pembukaan Expo Wirausaha Mandiri di Jakarta, Kamis.

"Apa yang dilakukan Bank Mandiri adalah model inkubator paling baik yang bisa dikembangkan terus. Tidak hanya oleh Bank Mandiri, tetapi juga semakin banyak lagi yang mengembangkannya,"katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengungkapkan program Wirausaha Mandiri sangat layak untuk menjadi program unggulan karena diyakini mampu mengubah cara pandang mahasiswa tentang wirausaha.

"Menjadikan sektor UMKM sebagi sektor idaman untuk berkarya, meningkatkan kualitas dan jumlah pengusaha kecil,"katanya.

"Ini tidak hanya merupakan kebanggaan bagi Bank Mandiri, tetapi juga bagi bangsa Indonesia yang memiliki generasi muda kreatif dan mandiri serta mempu berkontribusi pada masyarakat sekitarnya,"tambahnya.

Dia optimis Wirausaha Mandiri yang kini memasuki tahun ke-5 ini akan semakin menginspirasi generasi muda harapan bangsa untuk menjadi subyek, tidak hanya sebagai obyek dari perubahan.

"Apabila kita dapat menciptakan setidaknya 2 persen wirausaha dari total penduduk Indonesia, maka negara yang makmur akan terwujud," kata Zulkifli.(*)

D012/B008/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011