Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 menyusul sambutan baik kepada para atlet dan duta Sulawesi Selatan.

"Kami sangat berterima kasih karena tuan rumah menyambut atlet kami dengan sangat baik," kata Andi Sudirman dalam keterangan tertulis yang diterima di Makassar, Sabtu.

Pada Jumat (1/10), Andi Sudirman Sulaiman bersama Forkopimda Sulsel tiba di Papua. Dia didampingi Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika.

Mereka mengikuti beberapa agenda termasuk hadir dalam penyerahan Api PON dari Duta PON Papua, yakni Boaz Salosa, Raema Lisa Rumbewas, Rafi Ahmad, kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Andi Sudirman bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mendapatkan kehormatan untuk mendampingi Lukas yang juga Ketua Umum PON XX Papua. Lukas Enembe lantas  menyulut Api PON.

Baca juga: Pura Agung Surya Buana jadi "official" kontingen Bali untuk PON Papua

Lukas Enembe menyampaikan Papua sebagai tuan rumah mempersiapkan dengan baik segala pelaksanaan PON XX, termasuk infrastruktur pendukung.

"Papua siap, Papua bagian dari Indonesia. Selamat datang seluruh kontingen dan selamat menikmati keindahan alam Papua," kata Gubernur Lukas.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menyebutkan jadwal pelaksanaan PON yang sempat mundur dari 2020 ke 2021. Tapi, Papua sebagai tuan rumah turut kerja keras untuk kesuksesan perhelatan olahraga nasional itu.

"Itu berbeda, karena dilaksanakan pada masa sulit pandemi COVID-19. Olimpiade Tokyo bisa berjalan dengan penerapan protokol kesehatan dan berjalan dengan baik. (PON) ini tekad kita bersama, mari kita jadikan pekan olahraga ini sebagai pemersatu bangsa," ujar Marciano.

Marciano berharap pemerintah pusat menjadikan Papua sebagai pusat pembinaan olahraga prestasi untuk wilayah timur Indonesia.

"Bahkan pelatnas dapat dilakukan di Papua. Fasilitasnya luar biasa," kata Marciano.

Baca juga: Mengenal tarian penyambutan Pangkur Sagu dalam PON Papua

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021