Saya belum tahu kapan akan diberangkatkan dan diseberangkan ke Bakauheni, Lampung
Merak (ANTARA News) - Ribuan truk angkutan sembako masih tertahan di pelabuhan dan jalan layang Cikuasa Atas, Merak, akibat cuaca buruk yang melanda perairan Selat Sunda.

"Saya semalaman hingga sekarang masih mengantre di kantong parkir PT ASDP. Kata petugas sih, kalau cuaca memburuk seperti ini kemungkinan baru bisa diseberangkan Senin (24/1)," kata salah seorang sopir truk angkutan sembako, Rohman, Minggu.

Menurut dia, akibat cuaca buruk dan kurang siap antisipasi dari pengelola pelabuhan Merak, pihaknya belum tahu kapan akan diseberangkan ke Bakauheni, Lampung.

"Saya belum tahu kapan akan diberangkatkan dan diseberangkan ke Bakauheni, Lampung," katanya.

Dia menjelaskan, sampai saat ini yang diketahui, tertahannya ribuan truk di kantong-kantong parkir dan jalan layang di Cikuasa Atas, Merak disebabkan adanya gangguan cuaca, sehingga jadwal keberangkatan kapal terlambat.

"Informasi dan keterangan yang saya dapat dari petugas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), katanya ada gangguan cuaca, gelombang tinggi serta angin kencang," katanya.

Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry, Cabang Merak, Endin Juhaendi mengatakan, kondisi cuaca di Perairan Selat Sunda masih buruk, sehingga kapal yang akan melakukan bongkar muat mengalami kesulitan untuk bersandar di dermaga .

"Gelombang tinggi membuat kapal sulit untuk bersandar, sehingga mengganggu jadwal kedatangan atau pemberangkatan kapal," kata Teja.

Kendati demikian, kata Teja, PT ASDP Indonesia Ferry, terus berupaya untuk mempercepat jadwal bongkar muat kapal, dengan waktu bongkar muat setiap kapal selama satu jam.
(KR-MSR/A035/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011