Madrid (ANTARA News/AFP) - Spanyol akan mewajibkan semua bank untuk meningkatkan rasio modal inti mereka menjadi 8,0 persen untuk memberikan mereka bantalan lebih besar terhadap kesulitan ekonomi dan meningkatkan kepercayaan dalam sistem keuangan negara, Menteri Ekonomi Elena Salgado mengatakan Senin.

"Rasio ini dapat lebih tinggi untuk kreditur yang tidak tercatat atau yang tidak memiliki kehadiran yang signifikan dari investor swasta dan tergantung pada pasar grosir lebih dari 20 persen dari aset mereka," kata Salgado.

Pasar sudah menantikan untuk melihat bagaimana Madrid akan menangani bank-bank dalam menghadapi krisis utang zona euro yang meluas yang telah melihat Yunani dan Irlandia membutuhkan dana talangan, dengan Portugal dan Spanyol disebutkan sebagai kemungkinan pada daftar berikutnya.

Dengan mewajibkan bank-bank untuk mempertahankan tingkat modal tinggi segera tersedia, pemerintah berharap bahwa mereka akan dapat menghadapi setiap keadaan darurat baru dan tidak memerlukan bantuan pemerintah yang biayanya sangat mahal -- kelemahan yang menenggelamkan sistem perbankan Irlandia dan kemudian keuangan publik.

Bank-bank tabungan daerah Spanyol terbebani oleh kredit yang berubah asam setelah runtuhnya gelembung perumahan dan berada di jantung dari ketakutan bahwa Spanyol bisa mengalami kesulitan dan membutuhkan penyelamatan yang jauh lebih besar daripada yang diberikan oleh Uni Eropa dan IMF kepada Irlandia dan Yunani tahun lalu.

Sementara bank-bank besar Spanyol seperti Santander atau BBVA dapat nyaman mengatasi pinjaman real estat buruk mereka, ada kekhawatiran bahwa beberapa bank daerah tidak mungkin dapat melakukannya.

Semua delapan bank besar Spanyol lulus uji ketahanan (stress tests) Uni Eropa yang dilakukan pada Juli pada kemampuan mereka untuk menghadapi krisis baru tetapi lima dari 19 pemberi pinjaman daerah gagal.

Salgado mengatakan peningkatan rasio modal inti akan memastikan bahwa semua pemberi pinjaman Spanyol akan melewati stress test bank Eropa babak baru yang akan diadakan akhir tahun ini.

Bank Sentral Spanyol telah memaksa bank-bank tabungan, terkenal karena digunakan oleh politisi lokal untuk mendanai proyek kesayangan mulai dari stadion sepak bola hingga bandara, masuk ke putaran merger, mengurangi jumlah mereka dari 45 menjadi 17. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011