Lima rumah warga di Teluk Barak Kapuas Hulu longsor diterjang banjir

Lima rumah warga di Teluk Barak Kapuas Hulu longsor diterjang banjir

Kondisi salah satu rumah warga di Teluk Barak Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang terdampak longsor akibat banjir besar pada 2-3 Oktober 2021. ANTARA/Teofilusianto Timotius .

longsor di bagian dapur dan sudah merambah ke badan rumah
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) - Lima rumah warga di Teluk Barak pesisir Sungai Kapuas Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat terdampak longsor akibat diterjang arus banjir besar yang terjadi 2-3 Oktober 2021.

"Longsor terjadi waktu banjir besar Sabtu malam (2/10), longsor di bagian dapur dan sudah merambah ke badan rumah," kata salah satu korban tanah longsor H M Isa, ditemui ANTARA, di lokasi longsor Teluk Barak Kecamatan Putussibau Selatan Kapuas Hulu, Rabu.

Diceritakan Isa, saat longsor terjadi dirinya bersama keluarga sempat menyelamatkan sejumlah  barang-barang penting.

Menurut dia, kejadian longsor tersebut sudah terjadi sejak Tahun 2020 lalu hingga saat ini, jika tidak segera ditanggulangi maka akan berdampak luas bagi pemukiman penduduk di daerah Teluk Barak.

"Kami berharap ada perhatian pemerintah untuk mengatasi longsor yang terjadi di daerah Teluk Barak, jangan sampai terjadi lagi rumah warga longsor," pinta Isa.

Pantauan ANTARA di lokasi longsor terdapat lima rumah warga di daerah Teluk Barak yang terdampak longsor, empat rumah di hilir jembatan Kapuas yaitu milik Abdul Samad, Jamran, Rahmat Hidayat dan satu rumah lagi di hulu jembatan Kapuas.

Tampak di lokasi longsor anggota Tagana Kapuas Hulu, anggota Tim Reaksi Cepat Pramuka Kapuas Hulu dan anggota Forum Komunikasi Pemuda Melayu Kapuas Hulu berada di lokasi banjir membantu korban tanah longsor.

Baca juga: Banjir di Kapuas Hulu rendam daerah pesisir Sungai Kapuas
Baca juga: BPBD Kapuas Hulu sebut 10.596 rumah warga terendam banjir


Ketua Tagana Kapuas Hulu M Hatta mengatakan turut prihatin atas musibah yang menimpa warga korban longsor di Teluk Barak.

Ia berharap pemerintah segera mengambil sikap agar dibangun penyangga atau penahan tebing sehingga tidak terjadi lagi longsor yang berdampak terhadap pemukiman penduduk.

"Kita berharap ada pembangunan penahan tebing agar tidak terjadi longsor lagi," kata Hatta.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengatakan pihaknya akan meninjau lokasi longsor di Teluk Barak

"Saat ini kami sedang menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran dan meninjau longsor juga di daerah Letuh Kecamatan Hulu Gurung, nanti ada anggota BPBD Kapuas Hulu ke lokasi longsor di Teluk Barak," kata Gunawan.

Baca juga: BPJS Kesehatan salurkan bantuan korban banjir di Kapuas Hulu-Kalbar
Baca juga: Banjir di Kapuas Hulu akses jalan putus dan rumah warga terendam
Baca juga: Tinjau lokasi banjir, Bupati Kapuas Hulu minta warga tetap waspada

 
Kondisi salah satu rumah warga di Teluk Barak Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang terdampak longsor akibat banjir besar yang terjadi pada 2-3 Oktober 2021. ANTARA/Teofilusianto Timotius

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mensos tinjau korban banjir longsor Sumut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar