Los Angeles (ANTARA News) - Anthony Hopkins memimpin box office Amerika Utara, Minggu (30/1), melalui thriler pengusir hantu "The Rite", sementara film yang baru masuk nominasi Oscar "The King`s Speech" menikmati dorongan.

"The Rite" meraih penghasilan 15 juta dolar AS dari penjualan tiket dalam tiga hari sejak film itu diluncurkan di seluruh Amerika Serikat dan Kanadapada Jumat (28/1), demikian penjelasan distributor Warner Bros, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Sekalipun banyak pengeritik mencela film tersebut, pembukaan film itu masih memenuhi perkiraan unit Time Warner Inc. Film tersebut menelan biaya 40 juta dolar AS dalam pembuatannya.

Yang juga baru adalah remake thriler pembunuhan "The Mechanic". Film itu menampilkan bintang aksi Inggris Jason Statham, dan menempati posisi ketiga bersama mantan juara box office "The Green Hornet". Masing-masing mengumpulkan sebanyak 11,5 juta dolar AS.

Juara pekan sebelumnya, film komedi romantis Natalie Portman-Ashton Kurcher, "No String Attached", merosot ke No.2 dengan penghasilan 13,7 juta dolar AS. Penghasilan total film tersebut selama 10 hari berjumlah 39,7 juta dolar AS.

"The King`s Speech", yang meraih 12 nominasi Oscar pada Selasa (25/1), mendapat dorongan 41 persen di box office dari akhir pekan sebelumnya. Film itu mengantungi 11,1 juta dolar AS. Tapi dengan hadirnya dua film baru yang diluncurkan lebih dulu dari film tersebut, drama kerajaan itu merosot satu tempat ke No.5.

Di antara film nominasi Oscar di 10 teratas, "True Grit" (10 nominasi) merosot ke No.6 dengan pemasukan 7,6 juta dolar AS, naik 4 persen dari akhir pekan sebelumnya. "Black Swan" (lima nominasi) anjlok dua tempat ke No.8 dengan penghasilan 5,1 juta dolar AS; dan "The Fighter" (tujuh nominasi) melorot satu tempat ke No,9 dengan perolehan 4,1 juta dolar AS, naik 3 persen.

"The Mechanic" diluncurkan oleh CBS Films, satu unit CBS Corp. "The Green Hornet" diluncurkan oleh Columbia Pictures, satu unit Sony Corp.

"No String Attached" "True Grit" dan "The Fighter" diluncurkan oleh Paramount Pictures, satu unit Viacom Inc.

"The King`s Speech" diluncurkan oleh Weinstein Co., satu perusahaan pribadi. "Black Swan" dirilis oleh Fox Searchlight, satu unit News Corp.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011