BMKG peringatkan potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

BMKG peringatkan potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Petugas Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) melihat prakiraan arah dan kecepatan angin di Stasiun BMKG Malang, Jawa Timur, Kamis (7/10/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww. (ARI BOWO SUCIPTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat di beberapa daerah dengan terpantaunya bibit siklon tropis di dekat wilayah Indonesia yang meningkatkan potensi awan hujan.

Menurut peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Jumat, beberapa daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan petir adalah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Baca juga: Hujan ringan hingga sedang diprakirakan turun di sejumlah kota besar

Daerah lain yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan adalah wilayah di Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Sementara angin kencang berpotensi terjadi di Sumatera Selatan.

BMKG memperingatkan beberapa wilayah masuk dalam kategori waspada banjir akibat cuaca pada hari ini, yaitu di Bengkulu, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Potensi hujan di Indonesia meningkat dipengaruhi faktor terpantaunya Depresi Tropis A di Laut China Selatan yang bergerak ke arah barat laut dengan potensi menjadi siklon tropis. Selain itu, Bibit Siklon Tropis 93W terpantau juga di Samudera Pasifik timur Filipina dan diprakirakan bergerak ke arah barat.

Kedua sistem tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi. Kondisi-kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, daerah konfluensi serta daerah konvergensi.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di Jakarta

Baca juga: Cuaca kebanyakan kota besar di Indonesia diprakirakan cerah berawan

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG: Intensitas hujan di Kalteng bulan Desember lebih rendah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar