Saya sudah katakan kendati masa Ronaldo berakhir tapi hasilnya masih amat fantastik
Madrid (ANTARA News) - Real Madrid menjawab pemecahan rekor Barcelona yang membukukan kemenangan 16 kali, ketika Cristiano Ronaldo membawa kemenangan timnya 4-1 atas Real Sociedad, Minggu.

Ronaldo menampilkan gaya mengesankan dalam laga itu, setelah sebelumnya dikritik tidak mnctak gol dalam empat pertandingan dan setelah menyaksikan Lionel Messi membuat hatrik ketika Barcelona menang 3-0 atas Atletico Madrid, Sabtu, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Kemenangan itu membuat tim asuhan Pep Guardiola itu melewati rekor 15 kemenangan yang disandang tim asuhan Alfredo Di Stefano, Real Madrid, pada musim 1960-1961, dan menyebabkan mereka terpaut 10 poin di puncak klasemen.

"Saya sudah katakan kendati masa Ronaldo berakhir tapi hasilnya masih amat fantastik. Ia selalu bekerja keras dan memberikan segalanya untuk tim," kata pelatih Real, Jose Mourinho, setelah timnya membuat jarak tujuh poin dengan Barcelona.

"Amat sulit bagi para pemain untuk menghadapinya, karena khawatir akan terjadi ganjalan kaki, akibatnya mereka tidak mendapat bola. Mereka menendangnya tapi ia amat kuat dan dapat menahannya," katanya.

Real, dengan tumpuan pada Emmanuel Adebayor yang masuk tim utama setelah menctak gol dalam Copa del Rey melawan Sevilla pertengahan minggu lalu, menekan lawan sejak awal permainan dan tim tamu bertahan di dekat kotal penalti mereka.

Sociedad tampil grogi dan penguasaan bola yang menyedihkan Gorka Elustondo menyebabkan bola disambar Kaka dan pemain dari Brazil itu mnggetarkan gawang lawan ketika laga baru berlangsung tujuh menit.

Ronaldo bermain mengesankan di lini bertahan Sociedad dan ia meperagakan permainan bola menggunakan tumit sehingga menimbulkan kekaguman pendukungnya.

Akhirnya ia melakukan tendangan menggunakan kaki kini sehingga angka timnya bertambah.

Sebelum turun minum ia melakukan gebrakan dari arah pojok sehingga lahirnya gonya yang ke-25 musim ini dan mengambil alih posisi Messi sebagai pencetak gol terbanyak.

Kaka dapat peluang melakukan tembakan tapi bola menerpa tiang gawang dan Adebayor salah tembak di mulut gawang, tapi akhirnya Sociedad berbalik melakukan serangan balasan.

Tembakan Raul Tamudo diblok penjaga gawang Iker Casillas tetapi bola mental itu disambar Alvaro Arbeloa sehingga lahir gol untuk timnya.

"Laga ini amat penting dan kami tidak memberikan peluang dalam perburuan gelar ini," kata Mourinho.

"Saya sudah pernah mengalami berada di posisi kedua ketika bersama Chelsea dan bila itu terjadi pun tidak akan jadi masalah," katanya.

Pelatih Sociedad Martin Lasarte mengakui timnya kalah tidak memalukan.

"Ini merupakan hasil bagus. Kami memiliki beberapa peluang tetapi mereka lebih banyak dan kami tidak bermain seperti yang kami harapkan," ujarnya.

Valencia tampil mengesankan ketika menang 2-0 atas Hercules dan maju mendekati tim urutan ketiga Villarreal.

Valencia kini menang enam dari tujuh laga terakhir mereka dan mendapat keuntungan dari atas kekalahan 0-1 Villarreal di kandang ketika menjamu tim papan bawah Levante.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011