Karawang (ANTARA News) - Tiga saudara Ai Kartiah (33), TKW asal Karawang Jawa Barat yang tewas di Malaysia, tidak kuat menahan sedih sehingga pingsan ketika menyaksikan pemakaman Kartiah di Taman Pemakaman Umum Karangmulang, Jumat.

Jenazah Kartiah tiba di rumah duka di Desa Sukamanah, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, Kamis (10/2) malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Pada Jumat pagi, pihak keluarga langsung memakamkan jenazah Kartiah.

Kartiah menjadi TKW di Malaysia sejak 2009 melalui perusahaan pengerah tenaga kerja PT El Karim Makmur Sentosa. Tetapi pada Minggu (6/2), pihak keluarga mendapat kabar Ai meninggal dunia di Malaysia.

"Saya mendapat telepon dari seseorang yang mengaku polisi Malaysia pada Senin siang, memberi tahu kalau Ai meninggal dunia pada Minggu (6/2)," kata nenek korban, Ny Samih.

Dikatakannya, seseorang yang mengaku polisi Malaysia tersebut tidak menyebutkan secara jelas penyebab meninggalnya Ai. Pihak keluarga menduga Ai meninggal akibat disiksa majikannya di Malaysia.

Menurut dia, informasi mengenai penyebab meninggalnya Ai di Malaysia kurang jelas. Ada yang menyebutkan Ai meninggal setelah kecelakaan kerja, jatuh dari tangga rumah majikannya, ada pula mendapat siksaan dari majikan setelah tertangkap tangan dibawa kabur seorang laki-laki di Malaysia.

Sesuai dengan pengakuannya saat menelpon keluarga di Karawang, kata Ny Samih, Ai terkadang mendapat penyiksaan dari majikannya, setelah majikannya kalah bermain judi.

(KR-MAK/A035/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011