Jayapura (ANTARA) - Tiada hari tanpa medali emas, begitulah kiranya ungkapan untuk atlet loncat indah DKI Jakarta Adityo Restu Putra yang selama lima hari beruntun selalu mendulang medali emas.

Ya, Adityo tampil superior dengan menyapu bersih lima nomor perlombaan pada sektor putra di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Terakhir, dia menutupnya dengan menjadi yang terbaik pada nomor papan 3 meter putra di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Kamis.

Adityo mendapatkan nilai tertinggi 407,70. Dia menang atas kompatriotnya Tri Anggoro Priambodo yang meraih perak dengan nilai 399,95.

Sementara perunggu diraih wakil Jawa Timur Aldinsyah Putra Rafi yang mendapat nilai 388,80.

Baca juga: Adityo Restu raih emas keempat loncat indah untuk DKI Jakarta

Sebelumnya atau pada hari pertama, Minggu (10/10/2021), Adityo digdaya saat tampil bersama Andriyan pada nomor sinkronisasi menara putra.

Satu hari setelahnya, dia kembali mendulang medali emas bersama Tri Anggoro Putra pada nomor sinkronisasi papan 3 meter putra.

Hari ketiga dan keempat, Adityo berhasil meraih medali emas pada nomor papan 1 meter putra dan menara putra.

"Bersyukur dan terima kasih untuk semua yang telah mendukung, termask warga DKI Jakarta. Tidak menyangka bisa meraih lima medali emas," kata Adityo kepada ANTARA, Kamis.

Baca juga: Loncah Indah hari ini, dua emas dari papan 3 m putri dan menara putra

Dia mengungkapkan bahwa dari awal tak mencanangkan target medali. Adityo hanya ingin menampilkan yang terbaik setiap turun berlomba.

"Persaingan juga cukup ketat. Pesaing saya semuanya bagus. Tingkat kesulitannya juga, mereka bagus," Adityo menuturkan.

Adityo pun tak ingin larut dalam euforia kemenangan di PON Papua.

"Masih ada yang harus diperbaiki dari segi fisik dan fisik, saya harus menjaganya. Saya juga harus menambah tingkat kesulitan," ujar Adityo menambahkan.

Dia juga mengungkapkan kesiapannya jika nanti dipersiapkan untuk ajang lebih besar seperti SEA Games dan Asian Games.

Baca juga: Adityo Restu kembali sumbang emas untuk DKI melalui loncat indah

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021