Politik Italia itu sangat sederhana
Roma (ANTARA News) - Silvio Berlusconi akan menghadapi peradilan untuk kasus seks berbayar dengan seorang gadis berumur 17 tahun yang kasusnya kemudian berusaha ditutup-tutupi, namun para pakar percaya pemimpin veteran Italia ini masih akan bertahan.

"Satu-satunya yang menyelamatkanya adalah lemahnya alternatif (penggantinya)," kata Giacomo Marramao, profesor pada Universitas Rome III, kepada AFP.

"Tidak ada alternatif politik yang kredibel yang muncul, tidak ada pemimpin yang mampu mempersatukan kelompok oposisi."

Persidangan pertama akan berlangsung pada 6 April -- babak mengerikan terakhir dalam perjalanan politik kontroversial selama hampir dua dekade di mana Berlusconi yang kini 74 tahun selamat dari beberapa skandal korupsi dan sex.

"Ini adalah perkembangan penting yang tidak hanya melemahhkannya, namun juga melemahkan keinginan sekutu-sekutunya dalam mengikutinya," kata Franco Pavoncello, profesor ilmu politik pada Universitas John Cabot, Roma.

"Politik Italia itu sangat sederhana. Apapun bisa bertahan asalkan partai Liga Utara mempunyai jualan federalisme di depannya,"  katanya merujuk sebuah partai yang sekarang ini menyerukan peradilan atas Berlusconi.

Liga Utara adalah sekutu utama Berlusconi terakhir dalam pemerintahan dan mengancam akan memicu pemilu dipercepat jika sang perdana menteri tidak berbagia kekuasaan lebih besar dengan kawasan-kawasan lain Italia.

"Ini adalah sebuah situasi yang memalukan di tengah pandangan internasional. Dia benar-benar tidak memerlukan ini, dia berada dalam kesulitan yang serius," kata Panvoncello.

"Jika kita tidak menindak pemerintahan ini, kita setidaknya berada di sisi belakang," tambahnya.

"Saya tidak melihat Berlusconi sebagai seorang kandidat untuk pemilu 2013, akhir dari mandat pemerintahan sekarang.

Berdasarkan satu jajak pendapat yang dipublikasikan Senin, tingkat popularitas Berlusconi anjlok menjadi 30,4 persen pada Februari karena skandal seks dan perekonomian yang malah menurun ketimbang pulih.

Produk domestik bruto (PDB) hanya naik 0,1 persen pada kuartal empat tahun lalu dibandingkan kuartal ketiga, demikian satu data resmi yang dirilis Selasa lalu.  Kuartal ketiga PDB Italia tumbuh 0,3 persen, sementara kuartal kempat hany 0,5 persen.

Pengumuman peradilan ini mendesak tokoh-tokoh oposisi untuk bersuara dan menyerukan secara langsung pengunduran diri Berlusconi serta pemilu yang dipercepat.

Para pendukung Berlusconi menegaskan bahwa dia tidak bersalah sampai pengadilan membuktikannya bersalah.

Namun banyak pakar menepis dia akan segera mengundurkan diri. Mereka juga mengingatkan bahwa akhir kekuasaan Berlusconi akan meletihkan dan menyakitkan -- khususnya karena pemimin Italia itu masih menjadi komandan mayoritas suara di parlemen.

Marco Tarchi, profesor pada Universitas Florence, juga telah mengingatkan bahwa permintaan jaksa untuk peradilan cepat terhadap Berlusconi bisa dianggap terburu-buru dan kontraproduktif.

Tarchi mengatakan bahwa kini Silvio Berlusconi memiliki banyak kesempatan untuk mencitrakan dirinya sebagai korban dari tuduhan pengadilan.(*) Yudha

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011