Garut (ANTARA News) - Ketua DPW PPP Jabar Nu`man Abdul Hakim meminta seluruh umat Islam dapat menahan diri dengan adanya perbedaan aqidah yang selama ini telah menimbulkan konflik di beberapa daerah.

"Sebaiknya menahan diri, perbedaan aqidah jangan sampai ada kekerasan," kata Nu`man saat menghadiri peringatan hari lahir PPP ke-38 dan pelantikan pengurusan DPC PPP tingkat Kabupaten Garut, di Yayasan Musadadiyah, Garut, Jumat.

Keberadaan kelompok yang terjadi perbedaan keyakinan, diharapkan Nu`man sebaiknya dapat menjaga emosi dan tidak terjadi gejolak yang memicu tindakan kekerasan.

Terkecuali, kata Nu`man suatu kelompok yang memiliki perbedaan keyakinan mengganggu ajaran aqidah agama Islam sudah seharusnya umat Islam mempertahankan aqidah tersebut.

"Tapi kalau ada intimidasi, ancaman baru ada pertahanan aqidah, tapi umat islam harus menahan diri dengan berbedanya kepercayaan, keyakinan," kata Nu`man.

Seperti kejadian bentrokan jemaah Ahmadiyah dengan warga di Banten, diharapkan Nu`man pemerintah harus tegas dalam menyelesaikan masalah bentrok yang dipicu masalah keyakinan tersebut.

Jika harus masuk ranah hukum menggugat kepada Pengadilan, menurut Nu`man boleh saja asal ada tokoh agama yang mau menggugat masalah keberadaan Ahmadiyah tersebut.

Menurut dia, Menteri Agama sudah berusaha agar Ahmadiyah tidak mengganggu keyakinan umat Islam lainnya tentang kepercayaan atau aqidah meyakini adanya Allah dan nabi Muhammad sebagai nabi terakhir.

"Kalau dia (Ahmadiyah) mau bertahan dengan prinsip aqidah jangan menggunakan Islam, agama Ahmadiyah saja, tapi kalau membawa Islam, sudah menodai prinsip aqidah," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011