Anti Hoax

Hoaks! Lesti Kejora jadi Bupati Cianjur

Hoaks! Lesti Kejora jadi Bupati Cianjur

Penyanyi dangdut Lesti Kejora. (Instagram/@lestykejora)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan video menampilkan dan mencatut selebritas Lesti Kejora muncul di media sosial Facebook pada 6 Oktober 2021.

Tampak istri Rizky Billar, dalam unggahan itu, mengenakan pakaian formal dengan jas, dasi, serta topi dengan lambang Garuda Pancasila.

Sebuah narasi juga disematkan dalam sampul depan unggahan video itu sebagai berikut: "DALAM KEADAAN HAMIL TUA, LESTI DIANGKAT MENJADI BUPATI CIANJUR".

Unggahan yang dilansir dari YouTube itu telah disukai 43 ribu pengguna lain Facebook, mendapatkan lebih dari tiga ribu komentar, serta ditonton oleh lebih dari 2 juta orang.

Terdapat pula salah satu komentar dari pengguna lain sebagi berikut: "Semoga menjadi bupati yg di cintai masarakat yg banyak.. lampung mendoakan mu. Dede lesti dan aa bilar."

Namun, apakah benar Lesti Kejora diangkat menjadi Bupati Cianjur?
 
Tangkapan layar unggahan hoaks yang menyebut Lesti Kejora menjabat sebagai Bupati Cianjur. (Facebook)


Penjelasan:
ANTARA tidak menemukan sumber resmi, baik dari situs pemerintah ataupun situs media arus utama, yang menyebut Lesti Kejora mendadak diangkat sebagai Bupati Cianjur.

Bupati Cianjur untuk periode 2021-2025 adalah Herman Suherman yang merupakan bupati petahana terpilih dalam pemilihan kepala daerah pada 2020.

Tampilan foto Lesti Kejora mengenakan pakaian resmi sebagaimana pejabat daerah merupakan hasil suntingan foto muka Lesti yang disematkan pada foto seorang pejabat dengan pakaian resmi.

Sementara, Lesti Kejora tetap beraktivitas sebagai selebritas dan penyanyi dangdut saat dipantau dari akun resminya di Instagram. Dia juga tampil untuk mengiklankan sejumlah produk dalam akun itu.

Dengan demikian, narasi yang menyebut Lesti Kejora menjadi Bupati Cianjur adalah konten menyesatkan atau hoaks.

Klaim: Lesti Kejora jadi Bupati Cianjur
Rating: Salah/hoaks

Baca juga: Ridwan Kamil lantik Bupati-Wakil Bupati Cianjur

Baca juga: Lesti & Rizky Billar kisahkan takdir pertemuan mereka lewat lagu baru

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkominfo ingatkan masyarakat tak sulut hoaks, jelang putusan MK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar