Jakarta (ANTARA News) - Nokia Siemens Networks telah meluncurkan Single RAN Advanced, solusi yang memungkinkan para operator secara efisien membangun kapasitas tambahan dalam jaringan-jaringan GSM, 3G dan LTE.

Bukan hanya itu, sistem itu juga menyiapkan mereka untuk menghadirkan bandwidth yang lebih besar seperti yang dijanjikan oleh LTE-Advanced.

"Meskipun pendapatan para operator jaringan telah tumbuh dalam beberapa tahun terakhir, mereka juga menghadapi berbagai tantangan baru untuk meningkatkan efisiensi dan menyederhanakan jaringan yang mereka miliki," kata Thorsten Robrecht, head of Network Systems product management Nokia Siemens Networks, dalam siaran pers yang diterima Rabu (23/2).

Single RAN Advanced dari Nokia Siemens Networks memperluas kemampuan dari solusi Single RAN dalam beberapa dimensi. Solusi ini meliputi Flexi Multiradio 10 Base Station baru dari Nokia Siemens Networks yang sangat bertenaga, ringkas dan dapat ditingkatkan.

Base station berkemampuan 10 Gbps ini siap mendukung broadband bergerak berkapasitas tinggi dan mendukung evolusi mulus ke standar LTE-Advanced. Selain itu, solusi tersebut sepenuhnya kompatibel dengan Flexi Multiradio Base Station yang ada dan membantu memperluas jangkauan kapabilitasnya.

Single RAN Advanced juga mencakup Flexi Lite Base Station untuk pemasangan skala mikro dan pico yang ideal bagi penyediaan hotspot di area-area dengan trafik tinggi, dan platform Multicontroller untuk GSM dan 3G.   

Flexi Multiradio 10 Base Station dari Nokia Siemens Networks tersedia untuk pemasangan komersial tahun ini, sementara Flexi Lite Base Station pada semestar pertama 2012. Platform Multicontroller telah digunakan untuk uji coba bagi pelanggan.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011