Serahkan kredensial, Dubes RI sebut Jamaika mitra penting Indonesia

Serahkan kredensial, Dubes RI sebut Jamaika mitra penting Indonesia

Duta Besar RI untuk Kuba merangkap Bahama, Republik Dominika, Haiti, dan Jamaika Nana Yuliana. (ANTARA/HO-KBRI Havana)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI Nana Yuliana menyerahkan surat kepercayaan (kredensial) kepada Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Jamaika Kamina Johnson Smith dan menyatakan Jamaika sebagai mitra penting bagi Indonesia, khususnya di bidang perdagangan.

Penyerahan salinan surat-surat kepercayaan oleh Dubes RI Nana Yuliana kepada Menteri Jamaika itu dilakukan secara virtual pada Kamis (21/10), demikian menurut keterangan KBRI Havana yang diterima di Jakarta, Jumat.

Nana Yuliana dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Kuba merangkap Bahama, Republik Dominika, Haiti, dan Jamaika.

Pada kesempatan itu, Nana menyampaikan bahwa Jamaika merupakan salah satu mitra penting Indonesia di wilayah Karibia dalam bidang ekonomi, investasi dan perdagangan.

"Sejak awal tahun hingga Agustus 2021, total perdagangan kedua negara mencapai hampir 10 juta dolar AS, dengan surplus bagi Indonesia," kata Nana.

Menurut dia, hubungan bilateral Indonesia dan Jamaika yang telah terjalin sejak 17 Desember 1981 dan mencapai 40 tahun pada Desember 2021 harus menjadi momentum untuk menjaga dan meningkatkan hubungan diplomatik antar kedua negara.

Untuk itu, Nana menyampaikan apresiasi atas usaha saling dukung antara Indonesia dan Jamaika di berbagai pencalonan di  organisasi internasional.

Menlu Kamina Johnson Smith pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada Dubes Nana atas penugasannya dan berharap hubungan strategis Jamaika dan Indonesia dapat terus dilanjutkan dan semakin ditingkatkan.

Peluang dan potensi kerja sama antara Indonesia dan Jamaika yang dapat dikembangkan dalam waktu dekat adalah kerja sama pembangunan kapasitas.

Smith secara langsung telah menyampaikan kemungkinan pelaksanaan kegiatan pembangunan kapasitas di bidang pertanian dan UMKM -- khususnya untuk peningkatan peran wanita dan generasi muda, serta di bidang pariwisata karena Jamaika merupakan salah satu tujuan turis internasional.

Di bidang olahraga, kedua negara juga sudah memiliki nota kesepahaman tentang kerja sama pada cabang atletik yang sedang dalam tahap pembahasan.

Smith pun menyampaikan bahwa dengan menyerahkan surat kepercayaan secara resmi kepada Gubernur Jenderal Jamaika pada 28 Oktober 2021 mendatang, peran Dubes RI akan semakin ditingkatkan lagi untuk kemajuan dan persahabatan kedua negara.

Baca juga: Indonesia adakan pameran tenun dan batik Nusantara di Kuba
Baca juga: Indonesia-Kuba sepakat perkuat kerja sama pertanian
Baca juga: Ras Muhamad ukir sejarah musik di Jamaika

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres Ma'ruf Amin tanam pohon Jambu Jamaika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar