Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengharapkan Rancangan Undang-undang tentang Kesetaraan dan Keadilan Gender dapat disahkan dalam tahun ini.

"Saya berharap tahun ini RUU Kesetaraan dan Keadilan Gender bisa disahkan," kata Linda Amalia Sari Gumelar di Jakarta, Jumat.

Pernyatan Linda tersebut disampaikan usai Seminar Pembangunan Daerah Perspektif Gender yang diselenggarakan oleh Pimpinan Kolektif Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

Linda menjelaskan, sebagai bangsa yang maju Indonesia harus berhasil menerapkan nilai-nilai kesetaraan gender.

Linda juga mengatakan, jika RUU Kesetaraan dan Keadilan Gender telah disahkan kementeriannya akan melakukan sosialisasi secara optimal.

Menurutnya undang-undang kesetaraan dan keadilan gender sangat dibutuhkan di negara ini. "Jika undang-undang ini telah disahkan maka penanganan masalah pengarusutamaan gender di Indonesia akan lebih muda dan bisa dikelola oleh seluruh jajaran mulai dari eksekutif, legislatif dan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian KAHMI Viva Yoga Mauladi mengatakan seminar Pembangunan Daerah Perspektif Gender yang diselenggarakan pihaknya bertujuan untuk menciptakan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam kesetaraan gender.

"Melalui diskusi ini sata berharap akan ada koordinasi yang optimal antara seluruh pihak dalam mewujudkan kesetaraan gender," katanya.

(W004/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011