Empanang, Kalbar (ANTARA News) - Grup usaha Sinar Mas memberi bantuan pembangunan dua unit rumah dinas guru sekolah dasar negeri di Dusun Piyam, Kecamatan Empanang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan.

"Kami hadir tidak semata-mata untuk mencari keuntungan tapi untuk membangun dan mengangkat kesejahteraan masyarakat Kapuas Hulu dalam jangka panjang," kata Pimpinan Sinar Mas Group VIII Wilayah Kalimantan Barat Susanto di Kapuas Hulu, Jumat.

Ia meyakini 10-15 tahun mendatang putra dan putri Kabupaten Kapuas Hulu nantinya akan menjadi pemimpin di perusahaan perkebunan ini dan membangun daerahnya.

Dikatakannya, Sinar Mas Group menaruh perhatian besar dalam melakukan program tanggung jawab sosial (CSR) dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan, pendidikan, dan masyarakat sekitar perkebunan sawit.

Pada kesempatan sebelumnya Bupati Kapuas Hulu AM Nasir meresmikan dua unit rumah dinas guru tersebut.

"Kami masyarakat Empanang dan Kabupaten Kapuas Hulu umumnya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kepedulian pihak perkebunan sawit pada dunia pendidikan dengan menyumbang pembangunan rumah dinas guru SDN 08 Dusun Piyam," kata AM Nasir seusai meresmikan rumah guru tersebut.

Ia berharap, bantuan serupa tidak hanya di sektor dunia pendidikan, melainkan juga di bidang pelayanan kesehatan dan sarana infrastruktur lainnya.

"Kami tidak menginginkan masyarakat sekitar perkebunan menjadi penonton, tetapi berdayakan dan majukan perekonomian masyarakat kami," kata Nasir.

Ia menjelaskan, tidak ada pemerintah yang mau menjerumuskan masyarakatnya, sehingga dengan hadirnya perkebunan sawit bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Bupati Kapuas Hulu mengatakan, luas Kapuas Hulu sekitar 29.850 kilometer persegi, 56,51 persen di antaranya sudah dialokasikan untuk kawasan konservasi.

Sementara itu, Pimpinan Sinar Mas Group VIII Wilayah Kalbar Susanto menyatakan terima kasihnya kepada Pemkab Kapuas Hulu dan masyatakat tiga kecamatan di kabupaten itu, yakni Kecamatan Empanang, Badau dan Puring Kencana sehingga bisa mengembangkan perkebunan sawit.

"Besarnya dukungan masyarakat bisa kami lihat sejak dua tahun karena telah bisa mengembangkan sekitar 10 ribu hektare di tiga kecamatan tersebut," ujarnya.

Bupati Kapuas Hulu, Sabtu (26/2) dijadwalkan meresmikan sarana air bersih bukit Kedang di Desa Sentabai Kecamatan Silat Hilir sumbangan PT Paramitra Internusa Pratama (PT PIP) anak perusahaan PT Sinar Mas Group serta melakukan tanam perdana di lahan perkebunan PT PIP.

Kemudian Minggu (27/2) Bupati Kapuas Hulu meresmikan pembangunan SD di Dusun Nanga Koyan Kecamatan Seberuang, yakni tiga kelas, satu rumah guru dan wc bantuan PT Anugerah Makmur Sejati binaan PT Sinas Mas Group.

Kemudian dilanjutkan peresmian sekolah Minggu bantuan PT PIP Dusun Nanga Seberuang Kecil, Kecamatan Semitau.(*)

(U.A057/Z004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011