Menperin apresiasi Hyundai produksi kendaraan listrik Maret 2022

Menperin apresiasi Hyundai produksi kendaraan listrik Maret 2022

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membacakan laporan pada pembukaan pameran “The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia” di JIEXPO, Jakarta, Senin (26/10/2021). ANTARA/Biro Humas Kementerian Perindustrian/pri.

Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan apresiasi kepada PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022.

“Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan, sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya,” kata Menperin lewat keterangannya diterima di Jakarta, Senin.

Menperin menyebutkan bahwa pada tahap awal, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun.

Ia berpesan agar perusahaan menerapkan teknologi Industri 4.0 di seluruh lini produksi, serta melibatkan IKM sebagai bagian dari global supply chain perusahaan.

Selain itu, Kemenperin mengundang HMMI untuk mendirikan akademi atau politeknik yang lulusannya secara otomatis bisa menjadi pekerja dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri maupun di lini purnajual untuk melayani kebutuhan konsumen.

Menperin menyampaikan hal itu saat menghadiri pembukaan pameran “The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia” di JIEXPO, Jakarta.

Pameran itu, lanjut Agus, merupakan langkah nyata dari Hyundai Motor Group sebagai produsen mobil listrik atau EV global untuk mendukung pemerintah Indonesia menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) melalui investasi.

"Selain itu juga lewat pembangunan fasilitas produksi dan research, development, and design (RD&D), serta pengembangan SDM industri,” tutup Menperin.

Baca juga: Luhut umumkan Hyundai Genesis G80 mobil resmi kepala delegasi KTT G20
Baca juga: Kemenperin akselerasi pengembangan kendaraan listrik
Baca juga: Kemenperin sasar Perpres Kendaraan Listrik tarik investasi


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Creta jadi mobil pertama Hyundai yang diproduksi Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar