Banda Aceh (ANTARA News) - Ratusan warga di Provinsi Aceh menyaksikan festival kebudayaan Jepang yang disenggarakan Perhimpunan Alumni Dari Jepang (Persada) di gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Ketua panitia penyelenggara, M Faisal di Banda Aceh, Rabu, mengatakan, festival kebudayaan ini bertema "persahabatan dan budaya, eratkan dan sinambungkan".

"Festival ini diadakan untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang kepada masyarakat Indonesia khusunya warga Aceh agar lebih mempererat hubungan kedua negara," kata M Faisal.

Menurutnya, kegiatan yang dibuka Konjen Jepang, Yuji Hamada itu juga pernah dilaksanakan dua tahun lalu dan mendapat sambutan baik dari masyarakat terutama mahasiswa.

Selain menggelar berbagai kesenian asal Jepang, panitia bersama Japan Student Service Organization (JASSO) Jakarta juga akan memberikan penjelasan tentang studi D3, S1, S2 dan S3 serta beasiswa ke Jepang.

"Festival kebudayaan Jepang yang kami laksanakan tahun ini lebih semarak dibandingkan sebelumnya," kata Faisal.

Pada festival yang berlangsung satu hari itu juga akan dilaksanakan talk show pendidikan dan kebudayaan Jepang antara Konjen dengan alumni Jepang di Aceh.

Panitia juga menggelar nonton film bereng, lomba mewarnai karakter Jepang, demo masakan dan bazar makanan, workshop origami, demo tea ceremony, foto kimono musim Panas dan pameran benda seni.(*)

(T.KR-IRW/S019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011