Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono akan membuka ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF Direx) di Lapangan Mega Mas, kawasan Boulevard Manado, Selasa (15/3).

"Wakil Presiden Boediono yang akan membuka ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF Direx)," kata Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Jakarta, Kamis.

Agung menjelaskan, ARF Direx adalah latihan bersama penanggulangan bencana alam yang akan diikuti sekitar 26 negara.

"Indonesia sebagai tuan rumah bersama Jepang yang akan memimpin bersama kegiatan international itu dalam lingkup ASEAN," katanya.

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan koordinasisi antara sipil dan militer dalam bidang penanggulangan bencana, serta koordinasi antara negara yang mengalami musibah dengan negara pemberi bantuan.

"Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah adalah karena pengakuan dunia terhadap negara ini yang dianggap mampu menangani berbagai bencana yang pernah melanda beberapa waktu lalu," katanya.

Ditambah lagi, lanjut Agung posisi Indonesia sebagai ketua ASEAN.

Sementara itu, Juru Bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat membenarkan bahwa Wapres Boediono akan membuka ARF Direx di Manado pada Selasa 15 Maret 2011.

"Beliau akan membuka kegiatan tersebut sepulang dari kunjungan kerja ke Australia yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-14 Maret 2011," katanya.(*)

(T.W004/F002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011