Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut baik keluarnya keputusan asosiasi federasi sepakbola internasional (FIFA) mengenai penyelenggaraan kongres untuk pemilihan Komite Pemilihan (Electoral Commission) pada 26 Maret 2011.

"Waktu yang kita punya relatif pendek, karena itu kita benar-benar harus bekerja-keras," kata Sekjen PSSI, Nugraha Besoe,s dikutip dari situs resmi PSSI, Jumat.

Menyikapi keputusan FIFA tersebut, kongres PSSI juga akan memilih anggota Komite Eksekutif (Exco).

Surat resmi dari FIFA menyangkut Indonesia yang diputuskan melalui Sidang Exco FIFA pada 2-3 Maret 2011 di Zurich, Swiss, itu kemungkinan besar baru akan diterima PSSI pada Jumat atau Sabtu ini.

"Surat resminya belum kita dapat, akan tetapi keputusannya sama seperti yang tertuang pada situs FIFA itu, tak ada tambahan lainnya," kata Nugraha Besoes.

Dalam situs FIFA, organisasi sepakbola tertinggi dunia itu itu meminta PSSI melaksanakan kongres (general assembly) pada 26 Maret dan kongres untuk pemilihan ketua umum sebelum 30 April 2011.

Kongres tersebut diwajibkan untuk pembentukan Komite Pemilihan (Electoral Committee) dan Komite Banding (Appeal Committee).

Peranan Komite Pemilihan tak hanya sebatas melakukan verifikasi atas calon-calon Exco, akan tetapi juga membantu perencanaan pergelaran kongres dan memberi supervisi atas tugas-tugas sekretariat jenderal atau panitia pelaksana.

Sekretariat Jenderal antara lain mempersiapkan seluruh proses dan tahapan sosialisasi untuk kedua pertemuan akbar anggota pemilik hak suara.

PSSI mengirim surat pada FIFA Senin (28/2) malam lalu yang berisikan tentang pengunduran kongres untuk pemilihan yang sedianya digelar 26 Maret di Tanah Lot, Bali.

Penangguhan waktu Kongres harus dilakukan sebagai implikasi dari keputusan Komite Banding yang membatalkan keputusan Komite Pemilihan, yang mengakibatkan gugurnya seluruh calon, baik untuk posisi ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Exco PSSI 2011-2015.

Kongres 26 Maret, yang dalam istilah FIFA disebut general assembly untuk penetapan Komite Pemilihan dan Komite Banding, serta kemudian kongres untuk pemilihan Exco 2011-2015, akan diikuti seluruh 100 anggota PSSI yang memiliki hak suara.

Tempat pelaksanaan kongres untuk pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding, serta kongres untuk pemilihan, menurut Nugraha Besoes, penentuan tempat tersebut adalah kewenangan Exco.

"Nanti Exco yang memutuskan," katanya menambahkan.
(T.T009/A032)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011