Anggota DPD ajak generasi muda lawan hoaks vaksinasi

Anggota DPD ajak generasi muda lawan hoaks vaksinasi

Hasil tangkapan layar Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Hilmy Muhammad saat menjadi narasumber dalam sesi diskusi acara Kolaborasi Sentra Vaksinasi bertema “Peran Pemuda dalam Strategi Pemulihan Pasca COVID-19” yang diunggah melalui kanal YouTube BPIP RI, dipantau dari Jakarta, Kamis (28/10/2021). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Hilmy Muhammad mengajak generasi muda melawan hoaks vaksinasi COVID-19 dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin untuk mencegah penularan virus Corona.

"Peran pemuda di situ (melawan hoaks), memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinisasi," kata Hilmy Muhammad saat menjadi narasumber dalam sesi diskusi acara Kolaborasi Sentra Vaksinasi bertema "Peran Pemuda dalam Strategi Pemulihan Pasca COVID-19" yang diunggah melalui kanal YouTube BPIP RI, dipantau dari Jakarta, Kamis.

Ia pun mengatakan fakta lapangan yang ditemukan oleh para anggota DPD di beberapa wilayah Indonesia menunjukkan masih banyak masyarakat yang justru menilai vaksinasi tidak menguntungkan mereka karena pengaruh dari penyebaran berita bohong, khususnya melalui pesan "WhatsApp".

Hal itu, lanjut Hilmy Muhammad, disebabkan oleh kurangnya literasi masyarakat tentang peran vaksinasi dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Ketua DPD RI dorong percepatan program vaksinasi

Baca juga: Ketua DPD RI apresiasi vaksinasi masyarakat adat Suku Badui


Untuk itulah, peran generasi muda diperlukan dalam menangkal berita bohong tersebut. Pemuda-pemudi dapat menyebarkan berita yang benar dan imbauan kepada masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19.

Dalam acara vaksinasi massal yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-93 serta diselenggarakan atas kerja sama antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Polda DIY Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, dan UIN Sunan Kalijaga itu, Hilmy juga menyarankan generasi muda di Indonesia berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan vaksinasi.

Partisipasi itu dapat dilakukan dengan berbagai hal. Di antaranya adalah melakukan vaksinasi untuk dirinya sendiri, mengajak teman-teman dan masyarakat di sekitarnya, atau menjadi relawan vaksinasi.

Relawan itu nantinya akan memiliki beberapa tugas, seperti membantu petugas tenaga kesehatan di meja pendaftaran untuk mendata para peserta vaksinasi ataupun menolong mempersiapkan keperluan logistik "Kita sebenarnya membutuhkan banyak relawan vaksinasi," ujar Hilmy Muhammad.

Ia pun menekankan, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 ini, pemuda-pemudi Indonesia masa kini sudah sepatutnya mengisi hari-hari setelah kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh generasi terdahulu dengan sebaik-baiknya, termasuk ikut berperan dalam menjadikan Indonesia yang sehat, kuat, hebat, dan bermartabat.

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Upaya Polres Purworejo menarik minat masyarakat divaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar