Jakarta (ANTARA News) - PSSI menargetkan penyelesaian kasus kompetisi tandingan yaitu Liga Primer Indonesia (LPI) hingga Mei 2011 atau sebelum pelaksanaan sidang Eksekutif Komite (EXCO) FIFA.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes di Jakarta, Rabu, mengatakan, penyelesaikan kasus kompetisi yang digulirkan oleh pengusaha Arifin Panigoro itu telah sesuai dengan surat dari FIFA yang diterimanya 3 Maret 2011.

"Kami mengacu surat dari FIFA. Jika tidak secepatnya diselesaikan maka ancaman pembekuan dari FIFA bisa saja terealisasi," katanya.

Berdasarkan surat FIFA kepada PSSI diminta secepatnya untuk melakukan pengambilalihan atas terselenggaranya kompetisi LPI. Jika tidak segera dilakukan maka PSSI berpeluang terkena sanksi tegas dari FIFA berupa pembekuan keanggotaannya.

Salah satu mekanisme yang akan dilakukan, kata dia, adalah meminta LPI untuk melebur kekompetisi resmi yang digelar oleh PSSI. Karena untuk turun dikompetisi profesional harus melalui tahapan yang ada yaitu mulai Divisi III.

"Tidak mungkin ada dua liga yang sejajar kalau kita tidak ingin di suspend. Tentu tidak seperti mengusur Pedagang Kaki Lima (PKL), ada mekanisme yang elegan," katanya menambahkan.

Jika dilihat dari waktu yang ada maka PSSI hanya mempunyai kesempatan menyelesaikan kasus LPI selama dua bulan. Waktu tersebut juga akan terpotong dengan pelaksanaan kongres pemilihan Komite Pemilihan hingga kongres pemilihan ketua umum.

Sementara itu, Humas LPI Abi Hasantoso saat dikonfirmasi mengatakan LPI merupakan liga profesional sehingga tidak mungkin jika harus bertanding di kompetisi Divisi III seperti yang ditawarkan oleh PSSI.

"PSSI selalu mengambil keputusan yang menguntungkan bagi dirinya sendiri," katanya dengan tegas.

Menurut dia, PSSI jika mendapat tekanan dan dinilai hasilnya tidak menguntungkan maka instruksi atau perintah tidak dijalankan. Salah satu contohnya adalah surat FIFA tahun 2007 yang berisi perintah pelaksanaan Kongres PSSI ulang.

LPI yang diprakarasi pengusaha nasional Arifin Panigoro mengklaim kompetisi profesional dan tanpa APBD. Ada 19 klub yang turun dalam kompetisi yang digelar sejak 8 Januari 2011.(*)

(T.B016/F002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011