Swiss bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata Lombok di bawah Kemenparekraf untuk mendukung penguatan kapasitas manajemen dan guru, pengembangan kurikulum serta hubungan ke industri dan perusahaan.
Mataram (ANTARA) - Duta Besar Swiss untuk Indonesia, H E Kurt Kunz, mengapresiasi dan mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hal ini disampaikan Duta Besar Swiss, H E Kurt Kunz saat bertemu Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah di Kantor Gubernur NTB di Kota Mataram, Selasa.

Rombongan Delegasi Swiss yang dipimpin langsung oleh Duta Besar Switzerland untuk Indonesia, H E Kurt Kunz mengatakan, bahwa kunjungan ke Lombok, NTB bukan hanya sebagai simbol persahabatan, tetapi juga sebagai pondasi untuk melanjutkan kerjasama di masa depan.

"Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi landasan kerja sama antara NTB dan Swiss kedepannya," ujarnya.

Kunz mengatakan, bahwa negaranya sangat menaruh perhatian pada prioritas pembangunan dan perdagangan di NTB. Terlebih lagi, dalam sektor pariwisata, di mana Swiss telah menjadi mitra kerjasama Indonesia sejak tahun 2009.

"Swiss telah menjadi mitra Indonesia di bidang pariwisata sejak 2009 dan saya ingin mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi NTB karena telah menyelesaikan masterplan pariwisata terpadu yang menciptakan ekosistem pariwisata yang tangguh, terintegrasi dan berkelanjutan," ucapnya.

Dalam rangka proyek Sustainable Tourism Education Development (STED), Swiss bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata Lombok di bawah Kemenparekraf untuk mendukung penguatan kapasitas manajemen dan guru, pengembangan kurikulum serta hubungan ke industri dan perusahaan.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan harapan bahwa Pemerintah Indonesia, khususnya Pempriv NTB dan Switzerland akan terus mempertahankan hubungan kerjasamanya, terutama dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan.

Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah menyambut baik kedatangan delegasi Swiss di NTB. Kedatangan para delegasi Swiss di NTB dalam rangka mendukung langsung pengembangan dan pembangunan di berbagai sektor, seperti di bidang pariwisata dan pendidikan.

"Kami sangat merasa terhormat dan berterimakasih atas kunjungan kehormatan ini. Harapannya, semoga kedepannya hubungan Pemerintah Provinsi NTB dan Switzerland akan menjadi semakin erat," katanya.
Baca juga: NTB dorong pengembangan pariwisata berkelanjutan
Baca juga: Pemprov NTB paparkan tiga strategi pariwisata berkelanjutan

Baca juga: Meski ada Mandalika, Pengamat: Jangan lupakan kawasan wisata Senggigi

 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021