Madrid memiliki sebuah jawaban untuk mereka yang mengatakan bahwa (kompetisi) liga telah berakhir hari ini"
Madrid (ANTARA News) - Pelatih Real Madrid Jose Mourinho mengakui para punggawanya mengalami kelelahan setelah melewati tiga partai berat setelah para bintanganya berjuang mengalahkan rival sekotanya Atletico Madrid dengan skor tipis 2-1 Sabtu lalu untuk tetap memautkan perbedaan poin dari pemuncak klasemen Barcelona dengan lima poin.

Real sampai perlu menguras performa bintang dari kiper sekaligus kapten mereka Iker Casillas guna meraih tiga poin saat bertandang ke Vicente Calderon, kandang Atletico Madrid, setelah gol-gol babak pertama dari Karim Benzema dan Mesut Ozil membuat mereka unggul 2-0.

Laga itu adalah pertandingan besar kedua dalam empat hari terakhir, setelah Rabu pekan lalu menaklukan Lyon 3-0 untuk memastikan tiket ke perempatfinal Liga Champions.

Mourinho mengakui para pemain Los Galácticos butuh istirahat.

"Mereka (Atletico) punya waktu seminggu untuk persiapan menghadadapi duel, sedangkan kami hanya dua hari. Tim ini kelelahan, saya juga lelah, dan saya pelatihnya. Babak dua memang sulit. Kami tak bisa memukul mereka melalui serangan balik," kata Mourinho seperti dikutip AFP.

"Kami telah bertahan sebaik mungkin dan kami telah memenangkan laga derby yang penting ini. Mereka (para pemain) mengalami kelelahan fisik dan mental," sambungnya.

Real masih berjuang untuk menggapai tiga tropi dengan telah mencapai final Piala Raja, perempatfinal Liga Champions dan terus menguntit Barcelona dalam perebutan tahta juara liaga.

Casillas yang juga kapten timnas Spanyol sudah pasti menjadi bintang ("Man of the Match") dalam pertandingan tersebut, dengan membuat empat atau lima penyelamatan gemilang. Mourinho membanjiri kipernya tersebut dengan pujian.

"(Iker) Casillas telah menunaikan tugas yang fantastis. Saya lebih suka jika kiper saya tidak melakukan banyak penyelamatan, tapi dia berulang kali melakukan penyelamatan gemilang dan dia sangat fantastis," kata Mourinho.

"Atletico telah memperlihatkan semangat dan kualitas permainan yang hebat, dan Madrid memiliki sebuah jawaban untuk mereka yang mengatakan bahwa (kompetisi) liga telah berakhir hari ini," katanya lagi.

"Saya sangat khawatir (kedudukan disamakan), tapi pada saat yang sama, saya percaya penuh jeoada mentalitas dan semangat juang para pemain. Saya faham sepakbola banyak hal bisa terjadi di menit-menit terakhir dan mengubah keadaan. Namun mereka telah berjuang, dan memberi segalanya. Saya salut kepada pemain-pemain saya," katanya.

Madrid menghadapi masalah dengan cederanya pemain megabintang Cristiano Ronaldo. Dia baru saja sembuh dari cedera paha, dan harus berjalan terpincang-pincang keluar karena cedera hamstring. Penyembuhannya bisa memakan waktu dua sampai tiga minggu.

"Saya ingin mengistirahatkan dia (Ronaldo), tapi saya tidak ingin kejuaraan ini berakhir sekarang dan Cristiano Ronaldo sangat penting bagi kami. Adalah berisiko jika memainkannya, tetapi Anda perlu terus hidup," kata Mourinho.

Saat ini, Real terpaut lima poin dari Barcelona dengan sembilan pertandingan tersisa termasuk laga 'El Clasico' antara mereka yang akan berlangsung di Santiago Bernaebeu akhir pekan di bulan April nanti (16/17).

"Adalah fundamental kami menang untuk tetap bertahan di perebutan gelar.  Jika kami ingin meraih titel juara, maka kami harus memenangkan semua sisa pertandingan," kata bek Real Madrid, Ricardo Carvalho. (*)
Adam

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011