Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes menegaskan bahwa Kongres PSSI tetap berlangsung sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kongres pertama, menurut Nugraha, untuk memilih Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding (KB) digelar pada 25-26 Maret di Pekanbaru, sementara Kongres untuk memilih anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tetap digelar pada 29 April namun tempatnya belum di tentukan.

"Jadwal Kongres tidak berubah," kata Nugraha di Jakarta, Selasa, disinggung adanya kabar bahwa PSSI mempercepat jadwal kongres untuk memilih anggota Exco PSSI dari 29 April menjadi 10 April.

Soal peraturan organisasi (PO) sebagai tatacara Kongres, Nugraha mengatakan PO sudah diberikan kepada anggota.

Menurut dia, PO yang terdiri dari delapan pasal, memuat bagaimana tata cara pemilihan anggota KP dan KB, seperti satu orang yang dicalonkan untuk KP harus didukung lima pemegang hak suara.

KP sendiri akan terdiri dari tujuh orang yang semuanya anggota tetap. Sedangkan KB, hanya ada lima yang terdiri dari tiga anggota tetap, dua anggota pendamping.

Menurut Nugraha, Kongres PSSI rencananya dihadiri Ketua Federasi Sepak Bola Selandia Baru (OFC), Frank van Hattum. Van Hattum merupakan perwakilan FIFA yang bertugas memantau jalannya kongres yang mengagendakan pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Selain itu, hadir juga salah satu anggota dari federasi sepak bola Malaysia (FAM) dan KONI.(*)
(T.T009/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011