Jayapura (ANTARA) - PT PLN melistriki 12 arena pertandingan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua dan Stadion Mandala Jayapura dengan total kebutuhan daya sebesar 8,61 MVA.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) Abdul Farid di Jayapura, Selasa, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan seluruh infrastruktur kelistrikan untuk Peparnas XVI.

"Infrastruktur kelistrikan dari sisi PLN telah siap dan kami akan berupaya maksimal mengamankan suplai listrik untuk Peparnas ini," katanya.

Menurut Farid, guna memastikan kebutuhan listrik arena pertandingan mencukupi, PLN juga terus melakukan komunikasi dengan Panitia Besar (PB) Peparnas XVI.

"Koordinasi intens kami lakukan dari jauh-jauh hari dengan panitia penyelenggara, puji syukur selama ini koordinasi berjalan dengan lancar," ujarnya.

Baca juga: Peparnas Papua naikkan omzet pedagang UMKM

Dia menjelaskan pada sisi ketercukupan daya, daya mampu pembangkit sistem Jayapura saat ini mencapai 125 MW dengan beban puncak berkisar 92 MW, PLN masih memiliki surplus daya yang cukup sebesar 33 MW.

"Sementara itu, selain menyiapkan sistem kelistrikan yang andal, PLN juga telah menyiagakan 28 peralatan pendukung dan 255 personel untuk mengamankan kelistrikan saat Peparnas berlangsung," katanya lagi.

Dia menambahkan sebagai langkah antisipasi, pihaknya juga telah menyiapkan 15 genset kapasitas 1 MW, 500 kW, 200 kW dan 100 kW serta 13 Uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas 250 kVA, 100 kVA dan 30 kVA.

"Para personel dan peralatan pendukung tersebut telah kami tempatkan di lokasi-lokasi pertandingan," ujarnya.

Baca juga: PLN jamin suplai listrik bagi investor ke Papua setelah PON
Baca juga: Indonesia siap gantikan Vietnam sebagai tuan rumah ASEAN Para Games X

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021