Jayapura (ANTARA) - Tim Jabar menduduki peringkat kedua dan menempell ketat Papua dalam perolehan medali Peparnas cabang olahraga judo tunanetra hingga hari kedua pertandingan cabang olahraga tersebut, Selasa.

Peringkat pertama klasemen medali judo tunanetra masih diisi oleh Papua yang berhasil mengumpulkan 3 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu.

Pada posisi kedua, Jawa Barat menempel ketat dengan raihan medali emas yang sama ditambah 1 medali perak dan tiga medali perunggu.

Di peringkat ketiga Kalimantan Selatan yang berhasil mengumpulkan satu medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu.

Hari kedua Peparnas cabang olahraga judo tunanetra digelar di Stadion Trikora UNCEN, Jayapura dengan mempertarungkan empat kategori yang rampung digelar sekitar pukul 15.00 WIT.

Pada kategori putra kelas 60 kg, atlet Kalimantan Selatan Syahrudin berhasil menyabet medali emas setelah mengalahkan sesama atlet Kalsel Zainal Abidin yang berhak atas medali perak, sedangkan medali perunggu berhak didapatkan oleh Agung Gondolimo asal Jawa Timur dan Atep Sulaeman asal Jawa Barat.

Selanjutnya ada kategori putra kelas 66 kg yang medali emasnya berhasil didapatkan oleh Jaka Setiadi asal Jawa Barat, medali perak didapatkan oleh Kadek Agus Marjaya dari Bali, sedangkan medali perunggu didapatkan oleh Harjono Tarihoran asal Riau dan Marten Tri Putra Purba asal Sumatera Utara.

Di kategori putri kelas 48 kg, atlet asal Papua Novia Larassati berhasil mengamankan medali emas, yang disusul oleh Nurhayati asal Jawa Barat yang mendapatkan perak.

Pada kategori putri kelas 52 kg, medali emas berhasil didapatkan oleh atlet Jawa Barat, Dheny Marsyelina, lalu medali perak didapatkan Scolastika Nadya Valentine dari Papua dan medali perunggu didapatkan oleh Sri Sugiyanti dari Jawa Tengah.

Pertandingan Peparnas cabang olahraga judo tunanetra masih akan digelar hingga Sabtu (13/11) mendatang dan masih menyisakan 12 nomor untuk dipertandingkan.

Pada cabang olahraga judo tunanetra, total terdapat setidaknya 20 nomor pertandingan untuk putra dan putri yang akan memperebutkan total 112 medali dengan rincian 28 emas, 28 perak dan 56 perunggu.

Baca juga: Jadwal empat nomor Peparnas cabang olahraga judo tunanetra Selasa
Baca juga: Judo Kalsel baru persembahkan perak dan perunggu di Paparnas Papua
Baca juga: Papua dominasi perolehan medali Peparnas cabang judo tunanetra

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021