Jakarta (ANTARA) - Nigeria selangkah lagi menuju playoff atau putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika setelah membungkam tuan rumah Liberia 2-0 dalam pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia Qatar berkat gol penalti yang masing-masing diciptakan oleh Victor Osimhen menit ke-15 dan Ahmed Musa pada menit 90+4.

Nigeria kini memuncaki Grup C dengan 12 poin atau dua poin di atas Cape Verde yang menempati urutan kedua.

Cape Verde sendiri berbalik mengalahkan tamunya Republik Afrika Tengah 2-1 setelah tertinggal lebih dulu oleh gol Isaac Ngoma pada menit ke-11 yang kemudian disamakan Julio Tavares pada menit ke-51, sedangkan Stopira memastikan kemenangan tuan rumah pada menit ke-75.

Baca juga: Belanda buang keunggulan atas Montenegro, kepastian lolos tertunda
Baca juga: Belgia kunci tiket Piala Dunia 2022, Wales jaga peluang playoff


Di Grup B, terjadi kejutan ketika tuan rumah Guinea Ekuatorial menggulingkan Tunisia 1-0 berkat gol Pablo Ganet pada menit ke-83. Kedua negara kini sama-sama mengemas 10 poin di puncak grup ini.

Pada hari yang sama dalam grup ini, tuan rumah Zambia mencukur Mauritania 4-0 di mana Fashion Sakala menciptakan hattrick menyusul gol pembuka yang diciptakan Patson Daka pada menit ke-34.

Pertarungan memperebutkan jatah playoff zona Afrika untuk Piala Dunia 2022 juga berlangsung sengit di Grup D ketika Kamerun dan Pantai Gading sama-sama memenangkan laga mereka mempersengit proses penentuan juara grup yang berhak ke playoff zona Afrika.

Afrika memperoleh jatah lima tim dalam Piala Dunia Qatar 2022. Sepuluh juara grup kualifikasi Piala Dunia zona ini akan bertarung memperebutkan lima tiket melalui total sepuluh pertandingan kandang dan tandang.

Baru Mesir, Mali, Maroko dan Senegal yang sudah memastikan lolos ke playoff zona ini. Enam lainnya masih harus ditentukan dalam pertandingan terakhir grup zona sampai tiga hari ke depan.

Baca juga: Gulung Kazakhstan 8-0, Prancis lolos ke putaran final Piala Dunia 2022
Baca juga: Turki cukur Gibraltar 6-0, Norwegia seri 0-0 lawan Latvia



 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021