Berlin (ANTARA News/Reuters) - Kepolisian Jerman pada Kamis mengatakan mereka telah menahan seorang pria berusia 25 tahun yang diduga merencanakan serangan bom di luar sebuah stadion sepak bola di kota Dortmund.

Dinas Kriminal Federal (BKA) mengatakan pihaknya menemukan dan berhasil menjinakkan tiga perangkat peledak di dekat stadion yang digunakan kesebelasan Borussia Dortmun untuk bertanding dalam Liga Jerman. Polisi juga menemukan tiga perangkat peledak di kediaman tersangka, yang berkewarganegaraan Jerman itu.

BKA mengatkan mereka memulai penyelidikan pada Februari setelah Kedutaan Besar Jerman di Islamabad menerima surat elektronik tanpa nama.

Pengirim menawarkan untuk memberi informasi terkait rencana dua serangan bersamaan di Jerman.

Polisi mengatakan orang yang mengirimkan surat elektronik kaleng tersebut ditetapkan menjadi tersangka karena terkait dengan upaya pemerasan. Ia kemudian ditangkap di sebuah hotel di Cologne pada Selasa dan mengatakan tentang enam bahan peledak yang berada di dekat stadion serta kediamannya itu.

Otoritas keamanan itu mengatakan pria yang ditahan tersebut merupakan tersangka kasus pemerasan yang belum selesai terhadap sebuah perusahaan Jerman pada 2010. (PPT/M014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011