Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Banten menggelar sejumlah kompetisi mulai tingkat daerah hingga nasional sebagai sarana promosi daerah dalam upaya bangkit dari pandemi.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin mengatakan bahwa pandemi yang terjadi selama dua tahun telah memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Meski saat ini sudah berangsur membaik, namun perlu upaya dorongan dari semua pihak agar roda ekonomi kembali normal dan produktif, khususnya ekonomi rumah tangga seperti UMKM.

"Dengan diadakannya berbagai lomba diharapkan akan muncul potensi - potensi baru lokasi serta ekonomi baru yang dapat menjadi daya tarik serta menarik perhatian masyarakat luas untuk datang ke Kota Tangerang," katanya.

Sebagai informasi, adapun OPD yang mengadakan lomba kreativitas antara lain Prokomp, Dispora, DP3AP2KB, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, DPAD serta Kecamatan Jatiuwung. Untuk informasi lebih lanjut terkait lomba dapat mengakses tautan https://bit.ly/2021lomba .

Untuk DPAD kompetisi yang digelar yakni lomba bertutur tingkat nasional, DP3AP2KB lomba desain kaos dan produk berbasis rumah tangga. Peserta yang ikut serta adalah dari dalam dan luar kota Tangerang.

Kepala Bappeda Kota Tangerang Suggiharto Achmad Bagdja mengatakan seluruh upaya dalam mengatasi dampak ekonomi seperti masukan akademisi dan juga masyarakat akan dijadikan referensi dalam program ke depan.

Bappeda Kota Tangerang telah menggelar Lomba Karya Tulis Inovatif Nasional yang membahas empat bidang yakni Ekonomi, pariwisata, Pemerintahan, dan Sosial Budaya.

"Secara keseluruhan esensi dari empat kategori yang disiapkan adalah agar Indonesia dapat segera keluar dari potensi keterpurukan yang terjadi karena pandemi COVID-19, dan ini dapat menciptakan potensi pemulihan ekonomi," katanya.

Baca juga: Kurangi pengangguran, Pemkot Tangerang gelar job fair tiap kelurahan
Baca juga: Industri Kota Tangerang dinilai tumbuh, terima banyak pekerja

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021