470 personel disiagakan kawal laga Persib-Persija di Solo

470 personel disiagakan kawal laga Persib-Persija di Solo

Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol. Ade Safri Simanjutak ketika memberikan keterangan soal pengamanan Liga 1 Persib vs Persija di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (17/11/2021). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

Semua akses pintu masuk ke Solo dan Jawa Tengah akan lakukan penyekatan dan penjagaan oleh petugas.
Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta menyiapkan 470 personel untuk menjamin keamanan pertandingan sepak bola Persib Bandung melawan Persija Jakarta dalam laga lanjutan BRI Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (20/11) malam.

"Laga antara Persib dan Persija BRI Liga 1 di Stadion Manahan Solo, kick off pukul 21.00 WIB itu bakal menurunkan 470 personel untuk memastikan laga berjalan lancar sesuai dengan aturan protokol kesehatan," kata Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol. Ade Safri Simanjutak di Solo, Rabu.

Pada laga Persib melawan Persija pengamanan ketat sesuai dengan aturan yang berlaku pada laga Liga 1 sebelumnya. Pengamanan tidak hanya di dalam Stadion Manahan, tetapi juga di luar stadion.

"Kami melakukan pengamanan terbagi empat ring," kata Kapolres.

Permberlakuan pengamanan di kawasan Stadion Manahan Solo, kata Kapolres, dilakukan empat ring, yakni: pertama, di dalam stadion yang dibatasi jumlah personel pengamanan; kedua, tempat olahraga berlari; ketiga, kawasan Manahan dilakukan dengan mobiling memantau setiap orang yang tidak berkepentingan masuk ke ring tiga; dan keempat di luar pagar Manahan.

"Kami juga melakukan penguatan pengamanan di dua tempat menginap dua kesebelasan yang akan bertanding nanti, baik Persib maupun Persija," kata Kapolres.

Selain itu, Polresta Surakarta juga akan melakukan koordinasi dengan polres di kawasan perbatasan Solo raya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan polres perbatasan pintu masuk Jawa Tengah dan Jawa Timur dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Semua akses pintu masuk ke Solo dan Jawa Tengah akan lakukan penyekatan dan penjagaan oleh petugas," katanya.

Menurut dia, hal tersebut untuk mengantisipasi pergerakan suporter kedua tim. Selain itu, juga mengantisipasi nonton bersama laga Persib versus Persija di dalam kota.

Perlu diketahui, kata dia, pertandingan Persib melawan Persija lanjutan Liga 1 digelar tanpa penonton.

Ia berharap kerja sama dari semua pihak, termasuk suporter, agar mendukung tim kesayangan dari rumah saja menonton melalui televisi.

"Kami dalam pengamanan pertandingan akan dibantu dari Satuan Brimob Polda Jawa Tengah. Dengan pengamanan ketat, pertandingan ini akan berjalan aman tertib lancar dan sehat," katanya.

Baca juga: LIB: gelaran BRI Liga 1 sejauh ini berjalan aman sesuai rencana

Baca juga: Logo Liga 1 bentuk Garuda simbolkan semangat kebangsaan

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar