Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan perlu segera dibangun dan Indonesia berpotensi cetak surplus neraca perdagangan terbesar tahun ini menjadi pemberitaan sektor ekonomi yang menarik kemarin. Simak selengkapnya.


Presiden dorong pembangunan ekosistem mobil listrik

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan perlu segera dibangun, sehingga pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid.

Hal itu disampaikan Presiden dalam keterangannya seusai meninjau pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu.

 

Mendag: RI berpotensi cetak surplus terbesar sepanjang sejarah

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa Indonesia berpotensi cetak surplus neraca perdagangan terbesar tahun ini jika tren surplus terjaga hingga triwulan IV-2021.

“Jika surplus perdagangan terus konsisten pada triwulan IV 2021, maka tahun ini Indonesia akan mendapatkan surplus terbesar pertama kali dalam sejarah. Sepanjang Januari hingga Oktober 2021 surplus perdagangan sudah mencapai 30,81 miliar dolar AS,” kata Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

 

Pemerintah perkirakan pemulihan ekonomi kuartal 4 meningkat cukup kuat

Pemerintah memperkirakan pemulihan ekonomi pada kuartal 4 tahun 2021 akan meningkat cukup kuat, yang ditunjang oleh beberapa indikator.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani seusai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

"Pemulihan ekonomi di kuartal 4 diperkirakan meningkat cukup kuat terutama ditunjang dengan beberapa indikator," jelas Sri Mulyani.

 

Luhut sebut kendaraan listrik wujud komitmen turunkan emisi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan penggunaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menurunkan tingkat emisi yang ditargetkan pada 2030 atau lebih cepat.

"Komitmen Indonesia dalam penurunan emisi sangat jelas. Kita di COP26 kemarin di Glasgow, jelas posisi kita. Di situ juga pengembangan mobil listrik disampaikan," katanya dalam webinar yang digelar ITS secara daring di Jakarta, Rabu.

 

Kemenperin bidik pembangunan kawasan industri di Bangkalan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membidik pembangunan kawasan industri di Bangkalan sebagai salah satu pusat pertumbuhan industri di Jawa Timur.

“Pembangunan industri tidak hanya dilakukan melalui pendekatan sektoral yang diwujudkan melalui penguatan struktur industri dan berdaya saing saja, tetapi juga perlu melalui pendekatan spasial yang dilaksanakan melalui pengembangan perwilayahan industri,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Eko SA Cahyanto di Bangkalan, Jawa Timur, Rabu.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021