Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 10.000 guru akan mendapatkan laptop dengan harga murah untuk memenuhi kebutuhan perangkat komputasi yang menjadi salah satu kebutuhan utama dalam dunia pendidikan.

"Melalui kampanye "SatuSolusi Untuk Pendidikan" kami akan menyediakan 10.000 laptop bagi para guru dengan skema pembiayaan yang mudah dan murah," kata Direktur Utama PT Satusolusi Intermedia Utama, Abbi Angkasa Perdana, di Jakarta, Kamis.

Abbi Angkasa Perdana menuturkan, program ini dapat diikuti semua tenaga pendidik dari guru taman kanak-kanak hingga dosen perguruan tinggi.

Ia menuturkan, di era teknologi informasi saat ini keberadaan perangkat komputasi seperti laptop telah menjadi kebutuhan, tak terkecuali para guru yang memegang peranan penting dalam mencerdaskan bangsa.

"Namun karena keterbatasan finansial para guru kerap menjadi kendala untuk memiliki perangkat komputer," ujarnya.

Ia melanjutkan, program ini secara resmi akan digelar mulai 2 Mei 2011 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Ada pun skema pembiayaan bisa diperoleh dengan cara cicilan mulai dari Rp237.000 hingga Rp388.000 per bulan, tergantung jenis laptop yang dipesan melalui akses laman www.pengajarplus.com.

"Setidaknya dalam tiga hingga empat tahun ke depan program ini diharapkan dapat menjangkau sekitar dua juta guru," ujar Abbi.

Untuk merealisasikan target tersebut, SatuSolusi akan menggandeng vendor komputer, institusi keuangan dan koperasi.

SatuSolusi merupakan distributor sejumlah produk komputer, laptop, dan tablet PC, juga banyak mendistribusikan gadget dan aksesoris peranti teknologi lainnya.

Menurut data Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) hingga akhir tahun 2010, penetrasi komputer baik PC maupun laptop di Indonesia baru 4 persen dari total populasi penduduk, atau hanya berkisar 9,2 juta unit.(*)
(R017/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011