Sebelumnya, Kemendikbudristek menyalurkan dana bantuan Rp90,6 miliar kepada LKP penyelenggara program pendidikan kecakapan kerja (PKK) dan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW)
Jakarta (ANTARA) - Bidang tata busana, tata rias, dan desain grafis menjadi keterampilan favorit yang banyak dipilih peserta  pendidikan kecakapan wirausaha (PKW), kata Plt Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbudristek Wartanto.

“Bidang keterampilan yang banyak diajukan oleh lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yakni tata busana, tata rias dan desain grafis,” ujar Wartanto di Jakarta, Minggu.

Dia menambahkan bidang tata busana diajukan sebanyak 426 LKP, kemudian tata rias pengantin sebanyak 220 LKP, sebanyak 214 bidang desain grafis diajukan oleh LKP.

Selanjutnya, sebanyak 159 LKP mengajukan bidang pastry dan bakery, sebanyak 86 bidang tata kecantikan rambut, sebanyak 84 teknik komputer, dan 78 adalah barista.

Sebelumnya, Kemendikbudristek menyalurkan dana bantuan Rp90,6 miliar kepada LKP penyelenggara program pendidikan kecakapan kerja (PKK) dan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW).

Dari jumlah tersebut, sekitar Rp42 miliar ditujukan untuk PKK dan sekitar Rp48 miliar untuk program PKW. Program PKK dan PKW bertujuan meningkatkan daya saing SDM Indonesia lewat kursus dan pelatihan berbasis industri dan wirausaha.

Kemendikbudristek menyalurkan dana bantuan kepada lembaga kursus calon penyelenggara PKK dan PKW yang telah memenuhi syarat.
Baca juga: Ciptakan lapangan kerja, Kemenperin gelar pelatihan wirausaha baru
Baca juga: Jakarta Pusat gandeng Shopee gelar pelatihan kewirausahaan
Baca juga: Kemenkop gelar pelatihan online untuk dorong pertumbuhan wirausaha


Pewarta: Indriani
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021