Angin kencang, sejumlah pohon di Jakarta Selatan tumbang

Angin kencang, sejumlah pohon di Jakarta Selatan tumbang

Petugas PPSU mengevakuasi pohon tumbang di Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (23/11/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Angin kencang yang melanda wilayah DKI Jakarta menyebabkan sejumlah pohon di
Jakarta Selatan tumbang pada Selasa malam.

Salah satunya terjadi di depan Puskemas Kalibata, Pancoran yang menimpa kabel listrik Puskemas Kalibata 2 hingga menyebabkan arus listrik di layanan kesehatan itu terputus.

Petugas keamanan Puskemas, Maulana 
mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 19.00 WIB dan sempat membuat arus pendek listrik (korsleting) di Puskesmas.

"Kejadiannya kurang lebih jam 7 malam. Alhamdulillah tidak ada korban cuma menimpa kabel aja jadi kabelnya korslet yang di dalam kotak PLN ini sehingga agak keluar percikan api," katanya saat dikonfirmasi pada Selasa malam.

Maulana mengatakan, Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) langsung mendatangi untuk mengevakuasi batang pohon tersebut.

"Satu pohon aja tepatnya di depan pintu masuk utama. Disini akses warga itu tidak terlalu ramai, motor aja paling, nimpanya ke dalam Puskesmas-nya tidak keluar jalanan," tutur dia.

Baca juga: Angin kencang, pohon kedondong di Karet tumbang timpa seorang warga

Pohon tumbang juga terjadi di depan Gang Satria Jalan Bangka Raya, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Pohon tumbang pada Selasa malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Penyebab tumbangnya pohon tersebut diduga akibat angin kencang yang menimpa gerobak milik seorang pedagang. Arus lalulintas kendaraan di jalan tersebut pun sempat tersendat lantaran badan pohon tersebut menutupi badan jalan.

Petugas PPSU bersama masyarakat setempat pun telah mengevakuasi batang pohon untuk melancarkan kembali arus lalulintas.

Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Gandaria Tengah I, RT 04/01, Kramat Pela, Kebayoran Baru, yang menimpa sebuah bajaj berbahan bakar gas. Hal itu disampaikan akun @kelurahan.kramatpela. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Petugas PPSU telah berada di lokasi guna melakukan penanganan dan evakuasi pohon itu.

Peristiwa serupa juga terjadi di Jalan Menara Air depan SMPN 33, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, yang menimpa atap rumah warga. Pihak Kelurahan Manggarai langsung terjun ke lokasi guna mengevakuasi puing-puing pohon.

Baca juga: Pemkot Jaksel siagakan petugas untuk antisipasi pohon tumbang
Petugas damkar mengevakuasi pohon tumbang di Pejaten Office Park, Jakarta Selatan, Selasa (23/11/2021). ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan

Kepala Seksi Sektor V Suku Dinas (Sudin) 
Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Pasar Minggu Mohammad Slamet dalam keterangannya menyampaikan peristiwa pohon tumbang juga menimpa sebuah mobil di Pejaten Office Park.

"Pohon berdiameter 40 cm dan menimpa sebuah mobil. Lalu pihak damkar sektor IX mengerahkan 4 anggota dengan 1 unit 'light rescue'. Pohon berhasil dievakuasi menggunakan mesin pemotong kayu (chainsaw)," ujar dia.

Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya @dkijakarta mengimbau warga Ibu Kota untuk waspada adanya peristiwa pohon tumbang.

"Kita tetap harus waspada dan melakukan upaya antisipasi, karena risiko pohon tumbang masih kerap ada, sebagai dampak cuaca ekstrem yang menyebabkan hujan yang disertai angin kencang," tulis akun tersebut.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG Malang prediksi cuaca ekstrem terjadi hingga Maret

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar