BRIN adakan IEMS 2021 dukung inovasi teknologi KBLBB

BRIN adakan IEMS 2021 dukung inovasi teknologi KBLBB

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko berbicara dalam pembukaan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 secara hybrid di Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/11/2021). (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengadakan pameran terbesar kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 pada 24-26 November 2021 untuk mendukung industri dalam negeri dari sisi riset dan inovasi teknologi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

"Semoga pameran ini bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara khususnya memberikan inspirasi bagi generasi muda yang mungkin sebagian itu kita inginkan bisa menjadi periset- periset masa depan Indonesia," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam pembukaan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 secara hybrid yang diikuti ANTARA di Jakarta, Rabu.

Baca juga: BRIN fokus tiga teknologi kunci dukung KLBB

IEMS 2021 yang diselenggarakan pada 24-26 November 2021 di Kawasan Puspiptek Serpong, Banten merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan bekerja sama dengan sejumlah pihak, IEMS 2021 yang diprakarsai oleh Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BRIN dan yang mengusung tema "Innovation for Better Future e-Mobility" diadakan dengan konsep pameran dan seminar hybrid.

Baca juga: BRIN ciptakan plastik ramah lingkungan dengan teknologi nuklir

Melalui IEMS itu, Handoko mengharapkan seluruh pihak dari regulator, produsen, asosiasi, serta badan riset dan perguruan tinggi dapat menangkap pasar yang sangat potensial serta didukung penuh dengan industri dalam negeri untuk mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060.

Kepala Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) BRIN Dadan M Nurjaman mengatakan ajang pameran dan seminar kendaraan listrik IEMS 2021 berbeda dengan yang diadakan pada 2019.

Baca juga: Peneliti BRIN dorong pengesahan RUU PDP untuk lindungi aktivis siber

Pada IEMS 2021, BRIN beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis internet sehingga IEMS 2021 diadakan secara hybrid.

Kegiatan IEMS juga diisi dengan gelar wicara dan beberapa kegiatan lain diantaranya presentasi produk dan uji coba mengemudi (test drive) kendaraan listrik.

Pameran kendaraan listrik untuk kali kedua itu didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian.

Kegiatan pameran itu juga mendapat dukungan dari Dewan Energi Nasional, PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), PT LEN Industri (Persero), PT Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA), serta melibatkan sejumlah produsen kendaraan listrik, perguruan tinggi serta komunitas pegiat kendaraan listrik.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menilik kendaraan tua diubah jadi motor bebas emisi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar