Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api (PTKA) untuk keenam kalinya, Senin (18/4) akan menghentikan atau membatalkan sejumlah perjalanan KA terkait pertandingan kandang Persib Bandung.

"Delapan perjalanan KA dibatalkan, sedangkan KA lokal Cibatu - Bandung - Purwakarta tetap dioperasikan namun hingga Stasiun Ciroyom," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Minggu.

Kedelapan perjalanan KA yang dibatalkan perjalanannya adalah empat jadwal perjalanan KA ekonomi KA Serayu Jakarta-Kroya, dan empat perjalanan KA ekonomi lokal Jakarta - Purwakarta.

Pembatalan itu dikarenakan kerugian lebih terukur daripada dijalankan, artinya keamanan perjalanan KA, penumpang umum juga selalu adanya bentrokan dengan warga di jalur KA.

"Masalahnya KA itu selalu digunakan oleh bobotoh dari luar kota Bandung, sepanjang jalur mereka selalu dilempari warga bahkan bentrok terbuka saat KA berhenti," kata Bambang.

Untuk menghindari kejadian dan kerugian lebih parah, PTKA terpaksa mengambil kebijakan menghentikan perjalanan KA itu di hari pertandingan kandang Persib di Bandung.

Sejumlah titik rawan pelemparan warga terhadap bobotoh yang menumpang KA adalah jalur Bandung - Purwakarta, terutama di sekitar Andir dan Ciroyom Kota Bandung.

Sedangkan KA lokal Cibatu - Bandung - Purwakarta tetap dioperasikan hingga Stasiun Ciroyom dengan pertimbangan banyaknya konsumen KA itu di jalur Cibatu - Bandung.

"Perjalanan KA Cibatu dioperasikan hingga Stasiun Ciroyom dengan pertimbangan konsumen KA itu khususnya tujuan Cibatu - Bandung cukup banyak, sehingga dioperasikan hingga Bandung," kata juru bicara PTKA Daop II Bandung itu menambahkan.(*)

(T.S033/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011