Liga Italia

Atalanta teruskan tren positif, Fiorentina kembali ke jalur kemenangan

Atalanta teruskan tren positif, Fiorentina kembali ke jalur kemenangan

Ilustrasi dua pertandingan pekan ke-15 Liga Italia, Atalanta vs Venezia dan Fiorentina vs Sampdoria, yang berlangsung Kamis (1/12/2021) dini hari WIB. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Atalanta meneruskan tren positif saat mencukur Venezia 4-0 dalam laga pekan ke-15 Liga Italia, Rabu dini hari WIB, saat di pertandingan lain yang berlangsung bersamaan Fiorentina kembali ke jalur kemenangan dengan menekuk Sampdoria 3-1.

Setelah menorehkan raihan kemenangan tandang pertama kontra Juventus dalam 25 kali lawatan pada akhir pekan kemarin, Atalanta tampil begitu percaya diri dan efektif kala menjamu Venezia di Stadion Gewiss.

Tim besutan Gian Piero Gasperini itu hanya butuh waktu tujuh menit untuk membuka keunggulan melalui tembakan kaki kanan Mario Pasalic menyelesaikan umpan kiriman Josip Ilicic.

Baca juga: Napoli kukuhkan posisi puncak, Roma atasi perlawanan Torino

Lima menit kemudian, mantan pemain Chelsea itu mencetak gol keduanya memanfaatkan bola terobosan Luis Muriel guna menggandakan keunggulan tuan rumah.

Upaya Venezia membalas melalui Sofian Kiyine, Thomas Henry dn Tanner Tessmann belum membuahkan hasil sehingga keunggulan 2-0 bagi Atalanta bertahan hingga turun minum.

Keunggulan Atalanta bertambah lagi pada menit ke-57 setelah tembakan jarak jauh Teun Koopmeiners sukses menaklukkan kiper Sergio Romero.

Lantas sepuluh menit berselang, Pasalic melengkapi torehan trigol di laga kali ini dengan sontekan jarak dekatnya meneruskan operan Muriel dan skor 4-0 itu bertahan hingga peluit tanda laga usai terdengar di Stadion Gewiss.

Baca juga: AC Milan telan kekalahan kandang pertama saat dipecundangi Sassuolo

Meski menang, Atalanta belum beranjak dari peringkat keempat klasemen karena tertinggal selisih gol dan jumlah pertandingan yang lebih banyak dibandingkan Inter Milan, meski sama-sama mengoleksi 31 poin.

Sedangkan Venezia, yang menelan dua kekalahan beruntun, gagal menambah koleksi 15 poin dan tertahan di urutan ke-16 klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Artemio Franchi, Fiorentina mampu bangkit dari ketertinggalan untuk menundukkan Sampdoria 3-1.

Tuan rumah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Manolo Gabbiadini pada menit ke-15, tetapi Jose Callejon mampu menyamakan kedudukan delapan menit berselang.

Top skor sementara Liga Italia, Dusan Vlahovic, lantas mencetak gol ke-12-nya musim ini pada menit ke-32 untuk membawa Fiorentina berbalik unggul 2-1.
Baca juga: Juventus gugup dan tergesa-gesa kala dikalahkan Atalanta, kata Allegri

Lantas tepat di pengujung waktu normal Ricardo Sottil menyambar bola muntah hasil tembakan Giacomo Bonaventura untuk menambah marjin keunggulan Fiorentina 3-1.

Tak seperti di pertandingan sebelumnya melawan Empoli yang berakhir dengan kekalahan, Fiorentina kali ini mampu menjaga skor 3-1 hingga peluit tanda bubaran untuk kembali ke jalur kemenangan.

Fiorentina belum beranjak dari urutan keenam klasemen dengan 24 poin, tapi mereka memangkas jarak jadi satu poin dari AS Roma yang baru main sehari berselang.

Sedangkan Sampdoria, yang mendapati rentetan dua kemenangan beruntun mereka berakhir, harus rela tertahan di urutan ke-15 dengan 15 poin.

Di pertandingan selanjutnya, Atalanta akan main paling awal pada Sabtu (4/12) saat bertandang ke markas pemuncak klasemen Napoli di Stadion Diego Armando Maradona.

Sehari berselang, Venezia dan Sampdoria sama-sama main di kandang masing-masing menjamu Verona dan menghadapi Lazio, sedangkan Fiorentina menyambangi Renato Dall'Ara melawan Bologna.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar