Binda Jateng berkomitmen dukung percepatan vaksinasi COVID-19

Binda Jateng berkomitmen dukung percepatan vaksinasi COVID-19

Binda Jateng gelar vaksinasi massal COVID-19 di Banjarnegara. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banjarnegara.

Banjarnegara (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah berkomitmen untuk terus mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat guna mencapai target kekebalan kelompok.

"Salah satu upayanya dengan cara menggencarkan kegiatan vaksinasi massal COVID-19 sejumlah wilayah di Jawa Tengah salah satunya yang terbaru adalah di Kabupaten Banjarnegara," kata Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto di Banjarnegara, Kamis.

Dia menjelaskan pihaknya menyelenggarakan vaksinasi massal bagi masyarakat di wilayah Banjarnegara secara jemput bola.

Baca juga: BIN DIY vaksinasi disabilitas di Kulon Progo dari rumah ke rumah

"Kami melakukan vaksinasi massal secara 'door to door' untuk dua kecamatan di Banjarnegara yakni di Desa Pucang dan Majalengka Kecamatan Bawang serta Desa Sembawa dan Desa Sikumpul Kecamatan Kalibening," katanya.

Dalam kegiatan vaksinasi massal di Kabupaten Banjarnegara tersebut, kata dia, pihaknya menyediakan sebanyak 4.000 dosis vaksin.

Dia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut sebagai upaya meningkatkan capaian vaksin di wilayah Kabupaten Banjarnegara, terutama untuk kelompok disabilitas dan juga para lansia.

"Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen Binda Jateng yang terus berupaya untuk memberikan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat secara luas," katanya.

Dia mengatakan hal tersebut diambil untuk mendukung kebijakan BIN dalam menyelesaikan target 2.000.000 dosis vaksin secara nasional dalam dua bulan ke depan.

"Binda Jateng mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 177.000 dosis yang harus dihabiskan hingga akhir tahun 2021 sehingga kami terus menggencarkan kegiatan vaksinasi massal," katanya.

Baca juga: Relawan Kawan Sandi menggelar vaksinasi massal di Makassar

Dia juga menilai bahwa kegiatan vaksinasi massal merupakan salah satu upaya strategis yang perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan kekebalan tubuh masyarakat.

"Ini merupakan bagian dari program percepatan vaksinasi yang terus digesa oleh pemerintah terutama menjelang Libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

Menurut dia, terdapat potensi peningkatan mobilitas masyarakat pada saat Libur Natal dan Tahun Baru.

"Potensi peningkatan mobilitas di tengah masyarakat meningkat perlu diiringi dengan percepatan vaksinasi guna memberikan perlindungan kepada masyarakat," katanya.

Pihaknya juga berharap capaian vaksinasi di wilayah Banjarnegara dan juga kabupaten/kota lainnya yang ada di Jawa Tengah terus mengalami peningkatan yang signifikan hingga akhir tahun 2021 ini.

Dia juga mengingatkan agar seluruh masyarakat di Provinsi Jawa Tengah dapat ikut berperan aktif dalam upaya percepatan vaksinasi.

Baca juga: Gratis bakso dan pulsa, warga Banjarbaru sebu vaksinasi massal

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Omicron terdeteksi, NTB klaim situasi COVID-19 masih terkendali

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar