Kabupaten Penajam Paser Utara sebut tak ada warga positif COVID-19

Kabupaten Penajam Paser Utara sebut tak ada warga positif COVID-19

Jubir Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dr Jansje Grace Makisurat ANTARA/ M Ghofar.

meski sudah bebas dari COVID-19 tetap harus menerapkan protokol kesehatan
Penajam, Kaltim (ANTARA) - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur mulai hari ini "zero" COVID-19 atau tidak ada lagi warga yang positif, setelah satu pasien yang Jumat ini dinyatakan sembuh dari virus yang menginfeksi sistem pernapasan tersebut.

"Meski telah bebas dari COVID-19 per hari ini, namun saya tetap mengingatkan kepada semua elemen masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes)," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Jumat.

Prokes yang selalu diingatkan untuk dipatuhi adalah selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk dan bersin, tidak melakukan kegiatan yang dapat menghadirkan banyak orang, dan membatasi aktivitas.

Ia melanjutkan, jumlah kasus suspek COVID-19 dari 22 Maret 2020 hingga 3 Desember 2021 total mencapai 6.097 kasus. Dari jumlah ini, total suspek meninggal dengan komorbid sebanyak 32 kasus.

Sedangkan total positif sejak 22 Maret hingga hari ini mencapai 4.446 orang. Dari jumlah ini, terdapat 4.215 orang telah dinyatakan sembuh, sementara sisanya yang sebanyak 231 orang telah meninggal.

Perkembangan per kecamatan dari total positif sebanyak 4.446 orang tersebut adalah di Kecamatan Penajam terdapat 2.206 orang sembuh dan total meninggal ada 102 orang. Kecamatan Waru terdapat 462 orang sembuh dan 23 orang meninggal.

Kemudian di Kecamatan Babulu terdapat 666 orang selesai isolasi karena telah sembuh dan total meninggal ada 50 orang, serta di Kecamatan Sepaku sebanyak 881 orang sembuh dan total meninggal terdapat 56 orang.

Untuk kasus suspek per kecamatan, lanjutnya, di Penajam ada 3.330 kasus, di Waru ada 681 kasus, di Babulu ada 1.032 kasus, dan di Sepaku terdapat 1.054 kasus.

"Sedangkan untuk kasus probable COVID-19 per kecamatan, di Penajam terdapat 90 kasus, di Waru terdapat 11 kasus, di Babulu ada 67 kasus, dan di Sepaku terdapat 21 kasus," kata Grace yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU ini.
Baca juga: Larangan cuti bagi ASN Penajam berdampak positif landaikan COVID-19
Baca juga: Dinas Kesehatan Penajam bakal vaksinasi masyarakat dengan Moderna
Baca juga: Tingkat kesembuhan dari COVID-19 di Penajam naik jadi 76,12 persen

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bangka Tengah fokus tangani stunting dan obesitas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar