Liga Prancis

PSG susah payah demi satu poin kontra Lens

PSG susah payah demi satu poin kontra Lens

Gelandang Paris Saint-Germain (PSG) Georginio Wijnaldum meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang RC Lens dalam laga lanjutan Liga Prancis di Stadion Felix Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Sabtu (4/12/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Pascal Rossignol.

Jakarta (ANTARA) - Paris Saint-Germain (PSG) dipaksa bersusah payah demi meraih satu poin kontra RC Lens setelah mengimbangi lawannya itu dengan skor 1-1 dalam laga pekan ke-17 Liga Prancis di Stadion Felix Bollaert Delelis, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Kendati PSG memiliki lebih dari 64 persen penguasaan bola, lini belakang mereka dibuat sibuk oleh penampilan agresif yang melepaskan 18 percobaan tembakan, yang tujuh di antaranya menemui sasaran.

Lens bahkan mampu meraih keunggulan lebih dulu melalui Seko Fofana, sebelum gol Georginio Wijnaldum dalam injury time menyelamatkan PSG dari kekalahan.

Kendati gagal menang untuk dua pertandingan beruntun, PSG masih relatif nyaman memimpin klasemen Liga Prancis dengan raihan 42 poin, masih unggul 13 poin dari pesaing terdekat.

Sedangkan Lens, yang gagal menang dalam empat pertandingan terakhir, tertahan di posisi kelima dengan 28 poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Baca juga: Gol bunuh diri bantu Lille bangkit tundukkan Troyes
Baca juga: Marseille jadi korban tren positif Brest


Kendati babak pertama berakhir dengan skor 0-0, Lens tampil solid mengawal pertahanan mereka sembari beberapa kali mengancam gawang PSG melalui penampilan spartan Fofana, Jonahtan Clauss dan Cheick Doucoure.

Bola-bola panjang yang diandalkan Lens kerap membuat lini belakang PSG kerepotan dan memaksa kiper Keylor Navas melakukan dua penyelamatan gemilang atas tembakan Arnaud Kalimuendo dan Doucoure.

Sebaliknya PSG nyaris memimpin pada menit ke-18, bila saja bola tembakan Lionel Messi yang sudah tak terjangkau kiper Jean-Louis Leca tak membentur tiang gawang.

Leca kemudian menyajikan aksi penyelamatan gemilang di pengujung babak pertama saat terbang dari satu tiang gawang ke tiang gawang lainnya demi mementahkan tembakan Angel Di Maria.

Penampilan apik babak pertama mampu dilanjutkan Lens yang membuka keunggulan mereka pada menit ke-62 setelah Messi kehilangan bola dijegal Facundo Medina dan tuan rumah melancarkan serangan yang diakhiri sepakan sempurna Fofana untuk menjebol gawang tim tamu.

Tujuh menit kemudian Lens nyaris menggandakan keunggulan setelah Navas sudah tak berdaya mengantisipasi bola tembakan David Costa, sayang bola berakhir menghantam tiang gawang.

Baca juga: Marseille menyodok ke posisi kedua, Lille akhiri tren positif Rennes

Mauricio Pochettino melakukan tiga pergantian pemain langsung pada menit ke-70 dengan harapan mengubah keadaan, memasukkan Kylian Mbappe, Idrissa Gueye dan Wijnaldum.

Mbappe nyaris langsung memberi dampak instan sayang sundulannya bisa ditepis Leca, sebaliknya di ujung lapangan berbeda Navas juga melakukan penyelamatan atas tembakan Przemyslaw Frankowski.

Pada menit kedua injury time, suporter tuan rumah harus patah hati sebab Mbappe mengirimkan umpan silang akurat yang disambut Wijnaldum dengan sundulan di area tiang dekat, meninggalkan Leca yang sudah mati langkah, membuat kedudukan jadi skor 1-1.

PSG bahkan nyaris berbalik meraih kemenangan dramatis saat memperoleh hadiah tendangan bebas dan sayangnya, eksekusi Messi masih melayang tipis di atas mistar gawang, memaksa sang pemuncak klasemen puas hanya berbagi satu poin.

Di pertandingan selanjutnya, Lens akan bertandang ke markas Nantes pada Jumat (10/12) pekan depan dan PSG dua hari kemudian menjamu AS Monaco di Parc des Princes.

Sebelum itu, pada Selasa (7/12), PSG akan menjamu Club Brugge dalam laga pemungkas Grup A Liga Champions.

Baca juga: Monaco akhirnya kembali ke jalur kemenangan saat redam Angers
Baca juga: Neymar absen delapan pekan karena cedera pergelangan kaki

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar