Yogyakarta (ANTARA News) - Puteri Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta 2011 diharapkan menjadi Duta Pariwisata provinsi ini, duta nasional maupun internasional, kata Kepala Dinas Pariwisata Tazbir.

"Namun demikian, faktor cantik, cerdas dan perilaku, sangat utama dalam menentukan pemenang pemilihan Puteri Pariwisata DIY, sehingga nantinya benar-benar siap mengemban amanah sebagai duta pariwisata," katanya di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, penyelenggaraan pemilihan Puteri Pariwisata DIY tidak seperti halnya pemilihan Puteri Indonesia maupun Miss Indonesia, karena nantinya yang keluar sebagai pemenang akan mewakili provinsi ini sebagai duta pariwisata.

"Pemenang dalam Pemilihan Puteri Pariwisata DIY 2011 nantinya berhak mewakili daerah ini dalam Pemilihan Puteri Pariwisata Nasional di Jakarta," kata Tazbir.

Ia mengatakan sebanyak 47 peserta mengikuti seleksi tahap pertama Pemilihan Puteri Pariwisata DIY, dan dari jumlah itu dipilih 25 peserta, atau yang lolos seleksi tahap pertama.

Pemilihan Puteri Pariwisata DIY 2011 berlangsung di Plawang Internasional Boutique, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY, dan hasilnya diumumkan di salah satu media cetak di Yogyakarta pada Kamis (5/5).

"Pengumuman mereka yang lolos akan dimuat di Surat kabar Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta yang terbit Kamis (5/5). Kemudian babak final untuk menentukan penyandang gelar Puteri Pariwisata DIY 2011 akan berlangsung di Plawang Internasional Boutique, Sleman pada 13 Mei mendatang," katanya.

Pemilihan Puteri Pariwisata DIY 2011 yang pertama kali digelar Dinas Pariwisata ini, pelaksanaannya bekerja sama dengan Nurin Imaji Event Organizer. (H008/M008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011